Wisata

Batu Secret Zoo Jatim Park Berikan Delapan Ekor Burung Sun Conure ke TMSBK Bukittinggi

Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi terus melakukan kerjasama dengan beberapa Kebun Binatang di Indonesia.

Kepala Bidang TMSBK, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ikbal, Rabu (23/11/2016), mengungkapkan, seperti halnya kerjasama yang telah ditandatangani dengan pihak Batu Secret Zoo Jatim Park pertengahan November 2016 ini, diharapkan mendatangkan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak.

“Keuntungan yang didapat TMSBK Bukittinggi, saat ini sudah diterima delapan ekor Burung Sun Conure dari pihak Batu Secret Zoo Jatim Park, sebagai bagian dari tukar menukar satwa yang dilaksanakan,” ujarnya.

Ikbal mengakui dikirimkannya Burung Sun Conure ini oleh pihak Batu Secret Zoo Jatim Park, sifatnya awal dari kerjasama tukar menukar satwa dari dua lembaga konservasi satwa, dan TMSBK Bukittinggi sendiri belum ada memberikan satwa yang akan ditukarkan atau dengan arti kata Burung ini diberikan sebagai bentuk kerjasama awal yang nantinya dilanjutkan dengan tukar menukar satwa lain.

“Keberadaan Burung Sun Conure ini akan menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung, karena jenis Burung ini cukup jinak, dapat berinteraksi langsung dengan manusia, hal ini akan menjadi keunggulan dari TMSBK Bukittinggi untuk meningkatkan jumlah pengunjung,” tukasnya.

Ikbal menambahkan, saat ini delapan ekor Burung Sun Conure itu sudah satu minggu berada di TMSBK Bukittinggi, masih dalam proses adaptasi, untuk sementara diletakkan dalam kandang kaca, dan diberikan perawatan khusus oleh petugas.

“Kedepan akan dibuat kandang khusus yang direncanakan berada didepan pintu masuk, dengan fasilitas sesuai habitat, nantinya juga dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung, disediakan makanan yang dapat diberikan langsung pada pengunjung,” jelasnya.

Kandang Burung Sun Conure ini sambung Ikbal, hendaknya berada di ruangan yang tidak langsung berada di jalur lintasan asap-asap berbahaya, tempat nya tidak langsung terkena paparan sinar matahari, dan suhu di Kota Bukittinggi diperkirakan cocok untuk tumbuh dan kembang nya Burung yang berwarna cantik ini.

Informasi yang didapat halobukittinggi.com, Sun conure merupakan jenis Burung yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko, serta beberapa ditemukan di Kepulauan Karibia. Spesies ini hidup liar di pegunungan, hutan dan lahan pertanian di negara asalnya.

Mereka umumnya hidup dengan cara berkelompok dalam jumlah kecil hingga besar. Penamaan sun conure mengacu pada kebiasaan burung ini saat terbang berkelompok, yang terlihat seperti matahari dengan warna bulu-bulu yang menyilaukan.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top