Wisata

Pemko Bukittinggi Berencana Menata Objek Wisata Ngarai Sianok

Walikota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias menyatakan, pemerintah setempat akan menata objek pariwisata kawasan Ngarai Sianok.

“Pemandangan tebing Ngarai Sianok biasa dinikmati wisatawan dari atas, selanjutnya akan diupayakan agar bagaimana dapat dinikmati dari bawah, yaitu di daerah aliran sungai Batang Sianok. Ini yang akan ditata,” ujarnya, Selasa (25/10/2016).

Menurut M. Ramlan Nurmatias, daerah aliran sungai tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata baru di daerah itu seperti untuk kegiatan arung jeram dan membangun kolam mandi untuk anak.

“Kami segera surati pemerintah provinsi agar pasir di daerah aliran sungai dapat dibersihkan. Kemudian sungai dijaga kelestariannya dan dimanfaatkan sebagai lokasi wisata,” sebutnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, kawasan Ngarai Sianok sudah cukup dikenal masyarakat bahkan hingga ke luar negeri namun karena belum tertata, sasaran kunjungan wisatawan masih ramai ke objek wisata lain daerah itu seperti Taman Panorama dan Lobang Jepang, Jam Gadang serta Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK).

“Sekarang saatnya Ngarai Sianok yang ditata agar ramai seperti objek wisata lain sehingga menambah daya tarik Bukittinggi. Karena lokasinya yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam kami akan bersinergi dalam penataan itu,” ujarnya.

Ramlan Nurmatias merencanakan secara bertahap akan menghidupkan kawasan Ngarai Sianok melalui kegiatan-kegiatan pariwisata dan pendidikan seperti lomba-lomba bagi siswa sekolah agar secara tidak langsung dapat mengarahkan masyarakat ke lokasi itu.

Selanjutnya, keamanan dan sosialisasi sadar wisata dilakukan bagi warga setempat terkait tarif makanan, tarif parkir dan kebersihan serta menambah sarana seperti toilet umum, transportasi dan menambah penerangan yang akan diupayakan pengadaannya melalui investor.

“Pariwisata itu yang penting aman dan nyaman. Secara bertahap kami akan tata dan libatkan masyarakat agar dapat pula memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” tukasnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi Ibnu Asis menyambut baik rencana pemerintah setempat untuk menata pariwisata di Ngarai Sianok.

“Kami di DPRD tentu sambut baik setiap upaya pembenahan yang dilakukan pemkot karena manfaatnya akan kembali pada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemerintah setempat dalam menata pariwisata di Ngarai Sianok.

Ibnu Asis menambahkan, pengembangan pariwisata harus mengacu pada rencana induk pembangunan pariwisata agar terarah dan terkonsep dengan baik.

Sementara dari segi anggaran, pemerintah dapat memanfaatkan dana tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan di daerah.

Program yang akan dilaksanakan pemerintah agar dapat segera disinergikan dengan program yang dilakukan perusahaan-perusahaan di daerah melalui CSR.

“Lalu yang lebih penting, setiap pembangunan harus memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan budaya. Bila nanti dikembangkan, kualias lingkungan di Ngarai Sianok harus tetap dapat dijaga dengan baik,” tuturnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top