Sigap Polisi

Selama Operasi Patuh Singgalang 2017, Satlantas Polres Bukittinggi Tilang 940 Kendaraan

Halo Bukittinggi : Selama pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2017, Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi mengeluarkan 940 Surat Tilang dan 259 teguran pada setiap pelanggar aturan berlalu lintas.

Operasi patuh yang digelar pada 9 hingga 22 Mei 2017 ini, merupakan upaya penegakan hukum yang dilakukan pihak kepolisian, dengan target pelanggar aturan baik dari segi kondisi fisik kendaraan yang tidak sesuai aturan, aksi pengendara yang tidak sesuai kaedah aturan lalu lintas, surat menyurat yang tidak lengkap, serta faktor lain yang dilanggar si pengendara.

Demikian disampaikan Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Sukur Hendri Saputra, Selasa (23/5/2017), menurutnya, Operasi Patuh Singgalang juga untuk memberikan efek jera bagi pelanggar aturan lalu lintas, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, karena pada umunya kecelakaan itu diawali dari adanya pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan.

“Dilihat dari kendaraan yang melakukan pelanggaran, didominasi pengendara roda dua dengan 835 pelanggaran, berikut pengendara mobil pick up atau angkutan barang dan mobil penumpang pribadi masing-masing 33 pelanggaran, pengendara mobil penumpang umum 26 pelanggaran, pengendara truck 9 pelanggaran, serta pengendara bus 4 pelanggaran,” jelasnya.

Sementara itu dari banrang bukti yang diamankan petugas lapangan sambung Sukur Hendri Saputra, Surat Izin Mengemudi sebanyak 405 buah, Surat Tanda Nomor Kemdaraan (STNK) 373 buah, serta kendaraan 162 unit yang saat ini berada di halaman Mapolres Bukittinggi.

Pada Operasi Patuh Singgalang ini tercatat dua kali kecelakaan lalu lintas, dengan satu korban meninggal dunia, luka berat satu orang, luka ringan nihil, dengan kerugian tercatat Rp 300 ribu.

Menurut Sukur Hendri Saputra dari hasil analisis dan evaluasi Operasi Patuh Singgalang 2017, jumlah pelanggaran pada tahun 2017 ini dibandingkan operasi yang sama tahun 2016 lalu, mengalami penurunan 25 persen, dengan 1.250 surat tilang yang dikeluarkan pada pelanggar aturan lalu lintas. Kejadian laka lantas juga menurun 33 persen, dimana tahun 2016 lalu tercatat tiga kasus.

“Secara umum Operasi Patuh Singgalang 2017 berjalan aman dan lancar, dan terbukti dapat menekan jumlah pelanggaran lalu lintas dan kejadian laka lantas, namun aksi balapan liar menjadi catatan penting pihak Satlantas Polres Bukittinggi, karena sudah menimbulkan keresahan bagi masyarakat, mereka ditindak dengan penilangan, menahan kendaraan yang dipakai, serta diberikan pembinaan pada pelaku,” terangnya.

Sukur Hendri Saputra menambahkan, dalam Operasi Patuh Singgalang ini, polisi menciptakan situasi dan kondisi masyarakat penggguna lalu lintas merasa baik, dengan atau tanpa kendaraan merasa aman karena terbeban dari rasa ketakutan, tidak adanya ancaman hambatan maupun gangguan kapan saja dan dimana saja, dan secara umum upaya itu telah berjalan secara maksimal.

Sementara itu khusus untuk penindakan balapan liar, Kaur Bin Ops Satlantas Polres Bukittinggi IPTU Dedi Kurnia, mengatakan, patroli malam ini sudah optimal dilakukan dalam satu bulan terakhir, dengan membentuk tim gabungan, dan Satuan Lalu Lintas sebagai leading sektor untuk mengantisipasi adanya balapan liar yang mengakibatkan kecelakaan hingga berujung maut.

“Patroli ini dilakukan juga sebagai tindak lanjut adanya laporan dari masyarakat yang meresahkan serta adanya instruksi dari Kapolda Sumatera Barat untuk giat melakukan patroli balapan liar, dan hingga saat ini lebih dari 30 unit kendaraan pebalap liar yang telah diamankan selama Operasi Patuh Singgalang 2017,” tukasnya.

Giat patroli malam mengantisipasi balapan liar ini sambung Dedi Kurnia, akan rutin dilakukan setiap Sabtu malam, mulai dari pukul 23.00 WIB malam hingga dini, dengan melakukan pengamanan ditempat, mereka yang tertangkap digiring ke Mapolres Bukittinggi, diberikan pembinaan dan penilangan, agar para pebalap liar ini tidak kembali ke lintasan,” tukasnya. (Dipra)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top