Sigap Polisi

Operasi Patuh Singgalang 2017, Satlantas Polres Bukittinggi Amankan 48 Pebalap Liar

HaloBukittinggi : Maraknya balapan liar di sejumlah ruas jalan di Kota Bukittinggi, terutama pada Sabtu malam, menimbulkan keresahan pada masyarakat yang juga memanfaatkan ruas jalan itu.

Menanggapi permasalahan itu Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bukittinggi pada Sabtu (20/5/2017) hingga Minggu (21/5/2017) dini hari menggelar razia balap liar di kawasan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti.

Kasat Lantas Polres Kota Bukittinggi, AKP Sukur Hendri Saputra, mengatakan, razia balap liar ini juga merupakan bagian Operasi Patuh Singgalang, dan pada agenda kali ini Satlantas menurunkan 58 personil yang dibagi kedalam dua regu, untuk mengamankan para pebalap liar.

“Sudah banyak laporan dari masyarakat, bahwa aksi balap liar ini sangat mengganggu, apalagi mereka melakukan aksinya pada tengah malam, apalagi aksi kebut-kebutan dijalanan itu sangat rentan dengan peristiwa kecelakaan, yang mungkin saja melanda para pengendara lain yang melewati ruas jalan yang sama,” terangnya.

Sukur Hendri Saputra menambahkan, tim Satlantas Polres Bukittinggi berhasil mengamankan 27 sepeda motor dan 48 pemuda, baik yang melakukan balap liar maupun penonton, mereka langsung diamankan berikut barang bukti sepeda motor yang digunakan untuk balapan.

“Pada razia kali ini terjaring 60 kendaraan yang melakukan pelanggaran kasat mata dan tanpa surat-surat, ditambah 27 sepeda motor yang melakukan balap liar, total ada 87 kendaraan, semuanya dibawa ke Polres Kota Bukittinggi,” jelasnya.

Selanjutnya sambung Sukur Hendri Saputra, pemuda yang terjaring dibawa ke Polres Bukittinggi untuk dilakukan penilangan serta pembinaan, dan diharapkan hal ini menimbulkan efek jera, sehingga mereka tidak lagi mengulangi perbuatan yang sama.

Sementara itu Kaur Bin Ops Satlantas Polres Bukittinggi IPTU Dedi Kurnia, mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya melakukan penertiban, terutama dengan melakukan patroli malam keliling kota, membubarkan kelompok muda-mudi yang sengaja melakukan balapan liar.

“Patroli malam ini sudah optimal dilakukan dalam satu bulan terakhir, dengan membentuk tim gabungan, dan Satuan Lalu Lintas sebagai leading sektor untuk mengantisipasi adanya balapan liar yang mengakibatkan kecelakaan hingga berujung maut, yang tidak hanya melibatkan pebalap liar, namun juga masyarakat yang juga melewati ruas jalan dimana mereka menggelar balapan liar,” jelasnya.

Menurut Dedi Kurnia, patroli ini dilakukan juga sebagai tindak lanjut adanya laporan dari masyarakat yang meresahkan serta adanya instruksi dari Kapolda Sumatera Barat untuk giat melakukan patroli balapan liar.

“Giat patroli malam ini dilakukan mulai dari pukul 23.00 WIB malam hingga dini hari untuk menghalau pelaku balapan liar, dan sebagai antisipasi juga dilakukan pengamanan ditempat, agar para pebalap liar ini tidak kembali ke lintasan,” tukasnya.

Dedi Kurnia menambahkan, kawasan yang sering dijadikan lokasi balapan liar untuk wilayah Bukittinggi terdapat di daerah gulai bancah depan pintu masuk Kantor Wali Kota Bukittinggi di Kecamata Mandiangin Koto Selatan (MKS), dan di jalan protokol Sudirman depan Balaikota lama hingga simpang depan Kantor DPRD Bukittinggi. (Dipra)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top