Sigap Polisi

Polres Bukittinggi Bentuk Forum Komunikasi Wartawan Peduli Kantibmas

HaloBukittinggi : Untuk meningkatkan kerjasama, hubungan silaturahmi, dan mengajak wartawan peduli dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas), Polres Bukittinggi, Minggu (21/5/2017), membentuk sekaligus mengukuhkan Forum Komunikasi Wartawan Peduli Kantibmas (FKWPK) Polres Bukittinggi di Aula Mapolres setempat.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, mengatakan, kerjasama antara Polres Bukittinggi dengan wartawan secara professional akan menjaga Kantibmas tetap terjaga di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

“Kita menyadari persoalan Kantibmas bukan hanya tugas Polri saja, namun seluruh eleman masyarakat termasuk wartawan. Karena wartawan merupakan partner polisi dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, apabila wartawan sudah dianggap partner maka kedudukannya harus sejajar tidak ada yang dibawah maupun diatas. Sehingga kerjasama itu dapat berjalan dengan baik.

“Namun untuk menjalin kerjasama tersebut tentu di mulai dari komunikasi. Sedangkan komunikasi terbentuk karena saling kenal. Gimana kita bisa membuat kerjasama kalau diantara kita saja tidak saling kenal,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kesbangpol Bukittinggi Joni Feri, mengatakan, wartawan merupakan pahlawan, dalam artian informasi yang mereka tulis juga merupakan perpanjangan tangan dari masyarakat, sehingga pesan yang disampaikan dalam informasi menjadi tulisan dalam bentuk berita yang layak untuk dikonsumsi.

“Terobosan yang dibuat Polres Bukittinggi dengan membentuk FKWPK diyakini akan membantu Polres Bukittinggi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengayom masyarakat, dan Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Kesbangpol sangat mendukung dengan forum yang telah dibentuk itu,” ujarnya.

Joni Feri menambahkan, Kesbangpol menilai wartawan juga dapat menjadi perpanjangan tangan bagi Pemerintah Kota Bukittinggi terutama dalam masalah pemerintahan, selama ini wartawan di Bukittinggi juga telah menjalin kerjasama dalam bidang pemberitaan, dan diharapkan kedepan sinergitas itu tetap berjalan dengan baik.

Sementara Ketua PWI Bukittinggi Asril Gindo menyambut baik terbentuknya FKWPK tersebut dalam rangka menciptakan Kantibmas di Kota Bukittinggi.

Menurut Asrial Gindo sebenarnya antara Polres Bukittinggi dengan para awak media sudah terjalin kerjasama.

“Namun tidak semua wartawan di Bukittinggi yang tergabung dalam FKWPK. Kita berharap kepada Bapak Kapolres agar nantinya wartawan yang belum tergabung dapat di rangkul,” harap Asril Gindo Wartawan Singgalang.

Asrial Gindo berharap, kerjasama itu dapat saling menguntungkan, baik jajaran Polres Bukittinggi maupun media tempat wartawan bernaung.

“Selama ini kita sebagai wartawan masih kesulitan untuk mendapatkan informasi dari pihak kepolisian yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ulasnya.

Dengan adanya kerjasama ini lanjutnya, mudah-mudahan kedepan tugas-tugas wartawan dalam menjalankan jurnalistiknya dapat berjalan dengan baik, tanpa mengurangi indenpendensi wartawan.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Bukittinggi Pers Club (BPC) Jontra Manvi Bakhra yang menyambut baik terbentuknya FKWPK.  Ia berharap kepada Kapolres, jika nanti ada wartawan di Bukittinggi yang berurusan dengan hukum karena pemberitaan, ia meminta penyelesaian masalah tersebut melalui Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999.

“Jika nanti ada rekan-rekan kami yang dilaporkan ke polisi karena pemberitaan maka, kita meminta Polres Bukittinggi agar penyelesaiannya melalui Undang-undang Pers,” ujar Jontra yang juga wartawan online gosumbar.com ini. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top