Sigap Polisi

Operasi Patuh Singgalang 2017, Polres Bukittinggi Bakal Tindak Tegas Pelanggar Lalu Lintas

HaloBukittinggi : Untuk memberikan efek jera bagi pelanggar aturan lalu lintas dan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas, Polres Bukittinggi komit meningkatkan pengawasan melalui Operasi Patuh Singgalang 2017.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Selasa (9/5/2017), mengatakan, operasi patuh ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia, sesuai agenda dari Mabes Polri dalam hal bidang lalu lintas, dan kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 9 Mei hari ini hingga 22 Mei 2017 mendatang atau 14 hari kegiatan.

“Operasi Patuh Singgalang merupakan lanjutan dari Operasi Simpatik Singgalang yang dilaksanakan pada 1 hingga 21 Maret 2017 lalu, namun operasi ini hanya menitikberatkan pada sosialisasi dan teguran bagi pelanggar lalu lintas. Sementara dalam Operasi Patuh Polres Bukittinggi lebih kepada meningatkan pengawasan pelanggar aturan lalu lintas, dan melakukan penindakan sebagai efek jera,” jelasnya.

Operasi Patuh Singgalang 2017 ini juga melibatkan Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP, Kodim 03/04 Agam, Subdenpom, karena keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamsebtibcar Lantas) bukan hanya diwujudkan Polisi saja, namun juga perlu peran serta dinas dan instansi lain untuk mewujudkannya.

Intinya dalam Operasi Patuh Singgalang ini ujar Arly Jembar Jumhana, bagaimana Polisi menciptakan situasi dan kondisi masyarakat penggguna lalu lintas merasa baik, dengan atau tanpa kendaraan merasa aman karena terbeban dari rasa ketakutan, tidak adanya ancaman hambatan maupun gangguan kapan saja dan dimana saja.

“Tujuan yang ingin dicapai Polres Bukittinggi dengan adanya Operasi Patuh Singgalang ini, masyarakat pengguna jalan lebih patuh dan taat pada aturan berlalu lintas, pelanggaran menurun, sehingga upaya meminimalisir angka kecelakaan dapat diwujudkan, karena hal ini dapat berakibat timbulnya korban jiwa, apalagi jelang masuknya bulan suci Ramadhan ini diperkirakan arus lalu lintas di Kota Bukittinggi meningkat dari hari biasa,” ulasnya.

Arly Jembar Jumhana menambahkan, dalam Operasi Patuh Singgalang ini disamping melaksanakan tindakan refresif atau tindakan yang dilakukan pihak berwajib pada saat terjadinya penyimpangan, dalam hal ini melanggar aturan berlalu lintas, Polres Bukittinggi juga melakukan upaya preventif atau tindakan yang dilakukan pihak berwajib sebelum terjadinya pelanggaran atau lebih kepada peringatan.

“Dalam Operasi Patuh Singgalang ini, petugas dilapangan menyesuaikan dengan situasi, apakah pelanggaran yang dilakukan masyarakat dijalan raya akan langsung ditindak sesuai atau bisa juga diberikan peringatan agar tidak melakukan kesalahan yang sama, terutama bagi pelajar yang berkendara dibawah umur,” terangnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, sistem elektronik tilang juga diberlakukan pada Operasi Patuh Singgalang, seluruh pelanggaran yang dilakukan masyarakat pengguna jalan akan ditindak sesuai denda tilang yang diberlakukan, dengan harapan upaya ini memberikan efek jera, sehingga kedepan si pengendara paham dengan aturan berlalu lintas.

Sementara itu terkait potensi pelanggaran yang kerap terjadi dilapangan meliputi pelanggaran marka jalan, berkendara melebihi kecepatan, mendahului kendaraan lain melalui lajur kanan, dan kendaraan dengan beban berlebih. Khusus kendaraan dengan beban berlebih, Arly Jembar Jumhana mengimbau instansi terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan dapat memperketat pengecekan. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top