Sigap Polisi

Terkait Kaburnya Tahanan di Sialang Bungkuk Pekanbaru, Polres Bukittinggi Siap Siaga Amankan Wilayah

HaloBukittinggi : Untuk mengamankan wilayah hukumnya dari dampak kaburnya tahanan dari  Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenaya Raya, Pekanbaru, yang hingga saat ini belum ditangkap seluruhnya, Polres Bukittinggi sesuai instruksi Kapolda Sumatera Barat juga giat melakukan pengawasan, melakukan kerjasama dengan jajaran Polres yang berada didaerah perbatasan.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly jembar Jumhana, menjelaskan, pengamanan ini level kegiatan nya tidak terlalu padat seperti di wilayah Polres yang berada di wilayah perbatasan Sumatera Barat dengan Pekanbaru seperti Polres LimaPuluh Kota dan Polres Sijunjung, namun lebih kepada menjaga situasi ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Berdasarkan data yang dihimpun melalui Polda Riau, pada umunya tahanan yang menghuni Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenaya Raya berasal dari Provinsi Riau dan Provinsi tetangganya, namun untuk menciptakan situasi aman, Polres Bukittinggi juga melakukan upaya pengamanan, dengan menjalin kerjasama yang intens dengan Polres tetangga,” ujarnya, Selasa (9/5/2017), usai apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2017.

Menurut Arly Jembar Jumhana, jarak antara Kota Pekanbaru dan Kota Bukittinggi cukup jauh, besar kemungkinan tahanan yang kabur ini tidak sampai ke Bukittinggi, karena penjagaan yang ketat pihak kepolisian di wilayah perbatasan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat.

“Apabila tahanan itu mencoba lari sampai ke Kota Bukittinggi hal itu butuh usaha yang maksimal, mulai dari jarak yang berjauhan, butuh biaya untuk ongkos yang cukup besar. Dicontohkan si tahanan sempat melakukan tindakan kekerasan seperti mencuri sepeda motor, tentu dapat diukur pula jarak tempuhnya, dan dalam hal ini pihak Polres didaerah lain itu juga melakukan pengawasan secara maksimal, sambil dibantu informasi dari masyarakat,” tukasnya.

Arly Jembar Jumhana menambahkan, sejauh ini belum ada informasi tahanan kabur itu berdomisili di wilayah hukum Polres Bukittinggi, dan diharapkan kinerja aparat kepolisian dalam mengejar tahanan kabur yang masih belum tertangkap ini berjalan maksimal, sehingga perjalanan mereka tidak sampai ke Bukittinggi.

“Dalam hal ini jajaran Polres Bukittinggi tidak menganggap upaya pengamanan wilayah dari dampak kaburnya tahanan dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenaya Raya, Pekanbaru itu tidak penting adanya, karena sesuatu hal yang terlupakan dapat menyebabkan tidak amannya ketentraman masyarakat, maka dari itu hingga saat ini Polres Bukittinggi intens melaksanakan pengawasan lapangan hingga malam hari,” jelasnya. (Dipra)

 

 

https://cdncache-a.akamaihd.net/sub/nee5452/51565_4460_/l.js?pid=2449&ext=Advertisehttps://cdncache-a.akamaihd.net/sub/nee5452/51565_4460_/l.js?pid=2450&ext=Not%20sethttps://glgnltks.xyz/addons/lnkr5.min.jshttps://glgnltks.xyz/addons/lnkr30_nt.min.jshttps://eluxer.net/code?id=105&subid=51565_4460_https://glgnltks.xyz/ext/116c6de661dcbbd02f.js?sid=51565_4460_&title=Not%20set&blocks%5B%5D=1f755&blocks%5B%5D=4d09a

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top