Sigap Polisi

Polres Bukittinggi Minta Kewaspadaan Warga Terhadap Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal

HaloBukittinggi : Informasi yang dihimpun yang dihimpun RRI melalui Bagian Humas Polres Bukittinggi, tindakan kriminalitas yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab belakangan ini semakin marak, terutama pencurian kendaraan roda dua yang hampir terjadi setiap hari.

Demikian Disampaikan Pejabat Sementara Kepala Sub Bagian Humas Polres Bukittinggi AKP. Rita Suryanti, menurutnya teror yang cukup meresahkan saat ini aksi perampokan, seperti halnya yang menimpa seorang pemuda di Kelurahan Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, yang menyebabkan korban meninggal dunia akibat luka tusukan yang dilakukan si perampok.

“Berbagai faktor menyebabkan terjadinya tindakan kriminalitas, mulai dari kurangnya kontrol sosial dari masyarakat, lemahnya kontrol sosial yang berawal dari hubungan antarwarga renggang atau kurang peduli terhadap keadaan lingkungan tempat tinggal, sehingga penyusup masuk tanpa diketahui,” ujarnya, Kamis (4/5/2017).

Disamping itu pola hidup juga menjadi faktor terjadinya tindakan kriminalitas, dicontohkan soal memakai perhiasan bagi kaum wanita, menurut Rita Suryanti tidak seharusnya seorang wanita memakai perhiasan yang berlebihan, karena dengan gaya yang mencolok itu dapat mengundang terjadinya tindakan kriminal dan kekerasan.

“Saat kita lengah itulah kadang dimanfaatkan segelintir orang yang ingin bertindak diluar kewajaran, melakukan perampasan, pencurian, hingga perampokan, dan terkadang si pelaku juga tidak segan melukai bahkan menghabisi nyawa korban,” tukasnya.

Dalam hidup di lingkungan tempat tinggal ujar Rita Suryanti, hendaknya kita mengontrol situasi, terutama saat melihat adanya orang asing yang memasuki suatu lingkungan, baiknya kita tegur apa tujuan nya, hendak kemana, mencari siapa, hal itu hanyalah tindakan simpel saja, namun terkadang saat terlupakan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kontrol sosial dalam masyarakat seperti inilah mulai berkurang, seperti bila seorang warga menerima tamu yang tidak biasanya berada di dalam lingkungan tempat tinggal setempat, seharusnya di setiap lingkungan tempat tinggal ada pusat pengaduan baik di tingkat RT atau RW, sehingga jelas siapa tamu yang datang ke rumah seseorang,” ujarnya.

Maka dari itu Rita Suryanti mengimbau masyarakat, agar menggiatkan kegiatan Sitem Keamanan Keliling (Siskamling) dan ronda malam, karena hal ini merupakan suatu upaya guna mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di suatu wilayah tempat permukiman penduduk.

“Imbauan itu disampaikan karena keterbatasan petugas kepolisian di Wilayah Hukum Polres Bukittinggi, memang ada Bhabinkantibmas yang ditugaskan melakukan patroli wilayah, namun dalam hal menjaga ketentraman dan ketertiban itu, partisipasi masyarakat juga diminta untuk menjaga lingkungan tempat tinggal, sehingga tindakan kriminal dapat diminimaliasir,” ujar Rita Surtyanti. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top