Sigap Polisi

Terbukti Miliki Paket Ganja, Dua Narapina Lapas Klas II A Bukittinggi Diamankan

HaloBukittinggi : Dua orang narapidana binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Bukittinggi, masing-masingnya Afrianto alias Anto,(32), dan Jufri Andani alias Dani, (23), diamankan pihak kepolisian, setelah terbukti memiliki paket narkotika jenis ganja.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Bukittinggi, AKP Efriandi Aziz, Sabtu (29/4/2017), menjelaskan, kedua narapidana ini seakan tidak jera mencoba menjadi pengedar ganja di dalam Lapas, dan tersangka diamankan kemaren, sekitar pukul 13.30 WIB.

“Terungkapnya dua narapidana ini memiliki narkoba, awalnya diketahui oleh seorang petugas kebersihan Lapas sekira pukul 11.00 WIB, yang kemudian melaporkannya kejadian itu pada petugas piket,” tukasnya.

Menurut Efriandi Aziz, petugas kebersihan itu melihat ada dua orang diluar pagar lapas melemparkan sesuatu ke arah teras atas, dan curiga dengan paket itu, petugas melaporkan kejadian ini kepada Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Rivan Azwardi.

“KPLP dan sejumlah petugas yang sedang piket siang tadi, langsung menuju lokasi teras lantai atas Lapas, serta menggeledah paket yang mencurigakan itu, dan saat diperiksa ternyata paket ini berisikan paket ganja berukuran sedang, dibungkus kertas buku tulis berada dibawah tong sampah di dalam kamar mandi depan ruangan Kaur Kepegawaian dan Keuangan,” jelasnya.

Efriandi Aziz menambahkan, setelah mengamankan barang bukti ganja itu, KPLP dan petugas melakukan penyelidikan, dan akhirnya terungkap kemana arah tujuan paket ganja itu, sehingga petugas mengamankan seorang napi bernama Afrianto.

“Selanjutnya pihak KPLP bernama Ivan mengontak pihak Satuan Reserse Narkoba Polres Bukittinggi, dan tim operasional langsung menuju Lapas Klas II A,” ujarnya.

Menurut Efriandi Aziz, dari hasil introgasi dengan tersangka Afrianto, akhirnya diketahui jika barang haram berjenis ganja ini milik Jufri Andani, sehingga tersangka kedua itu ikut diamankan.

Pergerakan narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas IIA Bukittinggi masih saja terus terjadi. Meski sudah berada didalam tahanan, para narapidana (napi) seakan masih belum jera untuk mengkonsumsi barang haram tersebut.

Petugas Operasional langsung mengamankan narkotika berupa ganja, termasuk dua unit handphone merk Nokia warna hitam kombinasi abu-abu dan warna merah kombinasi putih, yang diduga menjadi alat bagi kedua tersangka melakukan komunikasi memesan ganja.

“Untuk penyelidikan lebih lanjut, kedua narapidana ini telah dibawa ke Mapolres Bukittinggi untuk dimintai keterangan guna pengembangan kasus ini, dan dengan kejadian itu, tim operasional Satuan Reserse Narkoba juga akan melakukan pengawasan di Lapas Klas II, karena kuat dugaan sering terjadi transaksi jual beli narkoba yang melibatkan narapidana dengan pihak luar tahanan,” ungkapnya. (Dipra)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top