Sigap Polisi

Operasi Simpatik Singgalang 2017, Polres Bukittinggi 855 Kali Menegur Pengendara

HaloBukittinggi : Selama Operasi Simpatik Singgalang tahun 2017 yang digelar Polres Bukittinggi khususnya jajarannya Satuan Lalu Lintas dari tanggal 1 hingga 21 Maret 2017 kemaren, sebanyak 855 kali petugas dilapangan melakukan teguran pada pengendara sepeda motor dan roda, sedangkan penindakan berupa tilang nihil dilakukan.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Rabu (22/3/2017) mengatakan, Operasi Simpatik Singgalang ini lebih mengedepankan tindakan persuasif dan edukasi kepada masyarakat terutama pengendara sepeda motor maupun roda empat, sekaligus sosialisasi penerapan, maka dari itu tidak ada dilakukan penilangan pada pengendara.

“Intinya Operasi Simpatik Singgalang lebih mengedepankan pendidikan berlalu lintas, anggota hanya mengingatkan pengendara yang melakukan pelanggaran di jalan raya, agar kedepan tidak lagi melakukan perbuatan yang sama, karena keamanan dan kenyamanan berkendara itu berawal dari pribadi masing-masing, bagaimana kita saling menghargai sesama pengguna jalan raya,” jelasnya.

Jenis pelanggaran pada Operasi Simpatik Singgalang ini terang Arly Jembar Jumhana lebih didominasi pengendara sepeda motor, mulai dari pelanggaran batas kecematan normal 124 kasus, tidak memakai helm 137 kasus, boncengan lebih dari satu orang 20 kasus, melawan arus lalu lintas 89 kasus, melanggar rambu-rambu 195 kasus, tanpa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNBK) 82 kasus, kekurangan kelengkapan 89 kasus, dan tidak memiliki surat-surat 57 kasus.

“Pelaku pelanggaran rentang usia remaja, 16 hingga 20 tahun 189 pelanggaran, usia 21 hingga 25 tahun 178 pelanggaran. Sementara itu kecelakaan lalu lintas selama pelaksanaan operasi simpatik tercatat dua kasus, nihil korban meninggal dunia, luka berat dua orang, luka ringan nohil, kerugian materil yang diderita korban Rp 450 ribu,” terangnya.

Arly Jembar Jumhana menambahkan, kegiatan pendidikan masyarakat juga dilaksanakan dalam operasi simpatik ini, meliputi penerangan atau penyuluhan melalui media cetak, elektronik, tempat keramaian, tempat istirahat, serta ditempat rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Disamping itu juga dilaksanakan penyebaran dan pemasangan spanduk, brosur di tempat-tempat umur, termasuk pemasangan stiker pada kendaraan masyarakat baik roda dua maupun roda empat.

Sedangkan untuk program nasional keamanan sambung Arly Jembar Jumhana, dilaksanakan program polisi sahabat anak, cara aman ke sekolah, patroli keamanan sekolah, pramuka saka Bhayangkara, serta krida lalu lintas.

“Program nasional keselamatan lalu lintas mencakup Police goes to campus, safety riding dan driving, serta kampanye keselamatan,” ungkapnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan, dalam Operasi Simpatik Singgalang ini, Polres Bukittinggi juga memberikan reward atau penghargaan kepada pengendara tertib, baik berupa helm, mukena, peci, sarung, jilbad, serta pembagian stiker yang bertuliskan terima kasih telah tertib berlalu lintas.

Dengan adanya reward tersebut sambung Sukur Hendri Saputra, hendaknya masyarakat menyadari bahwa keselamatan lalu lintas adalah nomor satu. Dengan diberikan peci dan mukena maka masyarakat akan lebih kuat menjalankan ibadah, sehingga akan membentuk mental dan karakter.

“Kegiatan ini akan menambah kesadaran masyarakat. Namun tidak dipungkiri masih ada masyarakat yang melanggar peraturan lalu lintas, dan diimbau pada masyakarat untuk mematuhi peraturan lali lintas dan rambu-rambu yang ada, kemudian melengkapi surat-surat,” tukasnya.

Pada 22 Maret 2017 kemaren, giat Operasi Simpatik Singgalang 2017 berakhir, secara umum berjalan dengan aman dan lancar, Arly Jembar Jumhana berharap dengan optimalnya kegiatan itu berdampak dengan masyarakat pengguna jalan agar selalu patuh dan taat terhadap Keamananan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcerlantas), dapat menekan angka kecelakaan dan pelanggaran. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top