Sigap Polisi

Satu Orang Anggota Polres Bukittinggi Diduga Positif Narkoba

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Sumatera Barat aktif melaksanakan kegiatan tes urine anggota kepolisian di wilayah hukumnya, untuk tahun 2017 ini ditargetkan dapat mengambil urine sampel bagi seribu anggota polisi.

Kepala Urusan Kesehatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) Bidang Dokter dan Kesehatan Polda Sumatera Barat dr. Hambektanuhita, di Bukittinggi, Senin (13/3/2017), mengatakan, hingga maret 2017 ini kegiatan tes urine ini telah dilakukan di Polresta Padang, dan hari ini di Polres bukittinggi, serta selanjutnya kegiatan ini akan terus dilaksanakan ke wilayah hukum lainnya di bawah koordinasi Polda Sumatera Barat.

“Tes urine bagi anggota polisi ini merupakan arahan dari Kapolda Sumatera Barat, dan program rutin yang dilaksanakan Biddokes Polda Sumatera Barat, dengan tujuan untuk deteksi dini peredaran narkoba, yang dikhawatrikan anggota polisi juga terlibat menjadi pengkonsumsi atau pengedar barang haram itu,” jelasnya.

Menurut Hambektanuhita, dari 129 personil Polres Bukittinggi yang diambil sampel urine nya, terdapat satu orang terduga positif narkoba, dan untuk mengantisipasi nya diserahkan pada Kapolres Bukittinggi melakukan pembinaan, dan proses apa yang akan dilakukan bagi si terduga.

“Tes urine kali ini menggunakan alat deteksi kit narkoba dengan enam parameter pengukuran, satu alat untuk satu sampel urine, dari pengecekan itu akan tergambar apakah seseorang positif atau negatif menggunakan narkoba,” ujarnya.

Menanggapi tes urine itu Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan, kegiatan ini merupakan program Kapolda Sumatera Barat agar seluruh aparatur kepolisian bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Program ini juga menjadi program unggulan Polres Bukittinggi untuk mengoptimalkan kegiatan Suling ustad, dimana dalam mewujudkan Polisi yang unggul, setiap anggota harus bersih dan profesional ke dalam, sebelum melakukan tugas mengayomi masyarakat,” ulasnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, anggota yang mengikuti tes urine ini sebanyak 129 orang yang diambil secara random sampel dari 520 anggota yang terdata, yang diambil sampel urine nya meliputi 36 orang perwira dan 93 orang bintara, khusus unit Satuan Reserse dan Kriminal, Satuan Reserse dan Narkoba, serta Operasional Intel seluruh anggotanya diwajibkan mengikuti tes urine ini.

“Bagi anggota yang belum mengikuti tes urine, nanti akan dikoordinasikan kembali dengan Biddokes Polda Sumatera Barat, serta untuk yang di tes urine hari ini sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan unsur perwira, terutama anggota yang dikhawatirkan menjadi korban penyalahgunaan narkoba,” terangnya.

Arly Jembar Jumhana Menambahkan, dari hasil tes urine hari ini satu orang anggota diduga positif narkoba, hal ini akan ditindaklanjuti lebih lanjut, apakah memang yang bersangkutan positif menggunakan narkoba atau semacam obat biasa, apabila memang terbukti akan dilakukan pembinaan kedalam untuk selanjutnya mengikuti sidang disiplin. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top