Sigap Polisi

Satlantas Polres Bukittinggi Jalin Kemitraan dengan Organisasi IKABE

Polres Bukittinggi melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bukittinggi membuat terobosan baru menjalin kemitraan dengan pengusaha angkutan umum yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Angkutan Bermotor (IKABE) Bukittinggi, di Mapolres Bukittinggi, Selasa 7 Februari 2017.

Pertemuan yang dipimpin Kasat Lantas AKP Sukur Hendri Saputra itu, dihadiri pengurus Ikabe dan perwakilan sopir. Dalam pertemuan tersebut Kasat Lantas banyak menerima masukkan dari para sopir seputar permasalahan di lapangan.

Menurut Sukur Hendri Saputra, Kota Bukittinggi merupakan kota wisata yang sudah terkenal di Indonesia. Sebagai kota wisata para wisatawan local maupun mancanegara akan melancong ke Bukittinggi. Buktinya setiap hari libur Bukittinggi selalu kebanjiran pengunjung. Selain itu, baru baru ini Kota Bukittinggi meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang tertib lalu lintas dan angkutan jalan tahun 2016.

“Kita sangat mendukung program pemerintah daerah menjadikan Bukittinggi sebagai kota wisata. Selama berada di Bukittinggi, pengunjung harus dibuat nyaman termasuk kenyamanan di jalan raya. Salah satu program kita adalah menjalin kemitraan dengan para sopir angkutan umum,” jelasnya.

Sukur Hendri Saputra menambahkan, para sopir angkutan umum harus mempunyai identitas, salah satunya harus memakai pakaian seragam selama mengemudikan angkotnya, dengan demikian para penumpang akan merasa nyaman. Tidak hanya itu, sukur juga mengingatkan para sopir untuk mematuhi peraturan lalu lintas seperti tidak berhenti menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, tidak menerobos lampu merah serta melengkapi surat surat kendaraan.

“Jadi tidak hanya sopir taxi saja yang mempunyai baju seragam, angkutan umum di Bukittinggi harus mempunyai baju seragam. Kita sengaja memilih Ikabe sebagai pilot projek, namun secara bertahap PO lain akan kita rangkul sebagai mitra Satlantas Bukittinggi,” ulas Sukur.

Ia berharap, setelah bermitra dengan Satlantas, para sopir angkot akan lebih tertib dan bukan sebaliknya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sangat mendukung dan mengapresiasi kerjasama antara Satlantas Polres Bukittinggi dengan Ikabe.

Menurut Ramlan, keseragaman pakaian para sopir Ikabe sangat bagus karena itu adalah identitas. Disamping itu kata Ramlan, kelayakan kendaraan juga harus diperhatikan.

“Kedepan kita akan melakukan penertiban terhadap trayek angkutan umum agar tidak tumpang tindih. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Bukittinggi karena dengan kerjasama yang baik Bukittinggi meraih penghargaan WTN tahun ini,” ungkap Ramlan.

Sekretaris Ikabe Bukittinggi, Afdhal Dt. Sampono Sati mengatakan jalinan kemitraan ini merupakan tantangan bagi pengurus maupun para sopir untuk meningkatkan pelayanan bidang angkutan dimasa yang akan datang. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top