Ruang Publik

Waspada Banjir Lahar Dingin di Lokasi Erupsi Gunungapi Marapi Sumbar

HaloBukittinggi : Akibat letusan atau erupsi Gunungapi Marapi Sumatera Barat yang terjadi sejak Minggu 4 Juni 2017 lalu hingga lebih dari 91 kali hingga sekarang, menyebabkan tumpukan abu vulkanik mulai dari puncak atau kawah, hingga ke daerah Kecamatan Sungai Tarab dan Kecamatan Salimpauang, Kabupaten Tanah Datar.

Demikian disampaikan Petuas Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Marapi, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), Hartanto Prawiro, Selasa (20/6/2017), menurutnya, ancaman lahan dingin ini dapat saja terjadi setelah letusan atau erupsi, dan hal ini cukup membahayakan bagi masyarakat apabila terkena langsung.

“Potensi banjir lahar dingin itu terjadi, apabila sempat ada hujan dengan intensitas tinggi di Puncak Marapi, ancaman yang dapat terjadi berupa banjir lahar dingin melalui daerah aliran sungai di Kabupaten Tanah Datar dan sekitarnya,” ujar Hartanto Prawiro.

Menurut Hartanto Prawiro, banjir lahar dingin dapat terjadi akibat tumpukan material letusan yang berkumpul di Puncak hanyut akibat di sapu hujan, dan dengan kondisi cuaca yang panas di wilayah seputaran Gunungapi Marapi saat ini, potensi itu kemungkinan tidak akan terjadi.

“Selama ini letusan Gunungapi Marapi Sumatera Barat mengarah ke timur, jadi ancamannya juga ke timur sebab disana pula penumpukan material letusan tersebut,” terangnya.

Hartanto menambahkan, daerah yang mesti waspada yakni wilayah Sungai Tarap dan Salimpauang sebab kedua daerah di Tanah Datar ini dilalui oleh tiga sungai yang mengalir langsung dari arah Marapi, maka dari itu diminta kepada masyarakat untuk tidak mendirikan tenda di sepanjang aliran sungai.

“Sejak meletus pada Minggu 4 Juni 2017, hingga pukul 18.00 WIB, Sabtu 10 Juni 2017, Gunungapi Marapi Sumbar tercatat sudah mengeluarkan sebanyak 91 letusan, hembusan, gempa tektonik, gempa vulkanik, dengan status masih tetap Waspada atau level dua,” jelasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top