Ruang Publik

538 Guru Honorer di Bukittinggi Terima Zakat dari Baznas

HaloBukittinggi : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, Selasa (20/6/2017), kembali menyalurkan zakat melalui program Bukittinggi cerdas kepada guru honorer di lingkungan dinas pendidikan kota Bukittinggi yang berlangsung di Aula SMA N 2 Bukittinggi.

Ketua Baznas Bukittinggi, Rahman Ritonga, mengatakan, sebanyak 358 zakat di salurkan kepada guru honorer yang terdiri dari guru honorer PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, MAN, maupun guru honorer sekolah luar biasa.

“Melalui program Bukittinggi Cerdas ini kita menyalurkan zakat dengan masing-masing menerima Rp 400.000 dengan total keseluruhan Rp 215.200.000,” jelasnya.

Rahman Ritonga menambahkan, penyaluran zakat kepada guru honorer ini termasuk kepada asnaf yang 8 yakni mustahiq fi sabilillah karena berjuang memberantas kebodohan, karena di dalam islam bodoh itu merupakan musuh.

Selanjutnya juga akan di salurkan zakat kepada guru TPQ yang ada di kota Bukittinggi sebanyak 92 orang, dan guru honor di IAIN Bukittinggi sebanyak 40 orang. Ini akan kita salurkan langsung di kantor Baznas Bukittinggi.

Di samping itu, sambung Rahman Ritonga, Baznas Bukittinggi juga akan menyalurkan zakat melalui program Bukittinggi Cerdas kepada 1400 yang direncanakan akan di salurkan seusai lebaran.

Menurut Rahman Ritonga, para Muzakki pns di lingkungan dinas pendidikan mencapai 989 orang, namun Zakat yang di salurkan dari keseluruhan hanya Rp 6,8 juta perbulan, “Hal demikian masih jauh dari 2,5% zakat yang harus dikeluarkan atau artinya masih banyak yang tidak membayar zakat.

“Jika selama sebulan Muzakki di dinas pendidikan menerima gaji Rp 4 milyar dalam satu Bulan maka 2,5% dari zakat yang di keluarkan mencapai Rp 100 juta, namun hal demikian yang belum terealisasikan,” tukasnya.

Rahman Ritonga menuturkan, jadikan zakat ini untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan dapat dimanfaatkan sebaiknya, karena bagaimana pun juga guru merupakan pejuang dalam menegakan agama, punya andil dalam meningkatkan ilmu pengetahuan yang termasuk kepada asnaf yang delapan. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top