Ruang Publik

Manjakan Pemudik, BPJS Siapkan Aplikasi Mudik Lancarkan Pelayanan

HaloBukittinggi : Untuk meningkatkan pelayanan serta membantu kebutuhan pemudik saat Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah mendatang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyediakan aplikasi “Mudik BPJS Kesehatan” yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Seperti halnya di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi, aplikasi ini juga sudah disosialisasikan pada peserta JKN-KIS, sehingga kemanapun mereka pergi saat mudik Lebaran Idul Fitri dapat memanfaatkan layanan itu.

Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Bukittinggi, Fauzi Lukman Nurdiansyah, menjelaskan, aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store untuk perangkat android itu menyediakan informasi bagi pengguna terkait layanan kesehatan.

“Informasi yang tersedia di antaranya nomor telepon penting, lokasi fasilitas kesehatan terdekat, lokasi posko mudik dan kantor BPJS Kesehatan serta beragam tips dan informasi kesehatan,” ujarnya, Senin (19/6/2017).

Menurut Fauzi Lukman Nurdiansyah, untuk tetap sehat saat mudik, pengguna aplikasi dapat memperoleh informasi yang terdapat pada bagian Tips BPJS Kesehatan yang menyajikan panduan olahraga ringan saat mudik, persiapan kondisi tubuh dan obat-obatan dan persiapan mudik bersama bayi.

“Aplikasi ini dapat mendukung masyarakat mudik dengan nyaman dan tetap sehat, disamping itu selama libur Lebaran Idul Fitri nanti, layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 juga tetap tersedia bagi masyarakat selama 24 jam setiap hari,” ujarnya.

Melalui layanan telepon tersebu sambung Fauzi Lukman Nurdiansyah, masyarakat dapat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, memperoleh layanan administrasi peserta JKN-KIS untuk mutasi dan aktivasi dan informasi perhitungan denda pelayanan.

“Sementara untuk layanan konsultasi kesehatan dapat dilakukan pada Senin hingga Jumat pukul 7.00 sampai 20.00 WIB, dan diingatkan pada peserta JKN-KIS agar peserta patuh membayar iuran setiap bulan dan selama peserta patuh mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, akan mendapat tindakan medis sesuai indikasi medis dari hasil pemeriksaan dokter serta tidak dikenakan biaya,” terangnya. (Dipra)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top