Ruang Publik

Agar Zakat yang Tersalurkan Legal, Baznas Bukittinggi SK kan 20 Unit Pengumpul Zakat Resmi

HaloBukittinggi : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepada 20 Unit Pengumpul Zakat (UPZ), yang berada di 20 Masjid.

Hal tersebut berkaitan dengan sosialisasi yang telah di lakukan Baznas Bukittinggi, terkait imbauan kepada masjid-masjid yang memiliki pengurus pengumpulan zakat agar tidak menyalurkan sendiri zakat yang terkumpul.

Wakil Ketua IV Baznas Bukittinggi, Sabir, Jum’at (2/6/2017), menjelaskan, di Masjid ada Unit Pengumpul Zakat (UPZ), dan pihak Baznas telah mensosialisasikan dan mengimbau pihak masjid paling tidak mengajukan tiga orang pengurus yakni ketua, sekretaris dan bendahara kepada Baznas untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK) agar dapat mendistribusikan sendiri zakat yang dikumpulkan sesuai dengan kewenangan yang diberikan Baznas.

“Dari 40 masjid yang telah di berikan imbauan, baru 20 masjid yang telah mengajukan izin dengan memberikan nama kepengurusan UPZ yang telah di beri Surat Keputusan (SK) oleh Baznas Bukittinggi dimana UPZ itu sendiri akan berlaku selama 5 tahun,” ujarnya.

Menurut Sabir, pembentukan Unit pengumpul zakat (UPZ) sesuai dengan peraturan baznas no 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan tata kerja unit pengumpul zakat, bahwa sudah bisa di bentuk di instansi vertikal seperti BUMN, BUMD, sekolah-sekolah, Kecamatan dan Masjid.

“Hal itu bertujuan agar pengumpul zakat tersebut legal dalam melaksanakan tugas dan pada UU no 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat pasal 38, setiap orang dilarang mengumpulkan zakat tanpa izin dari yang berwenang dan jika melanggar akan di beri sanksi 1 tahun kurungan penjara dan denda Rp.50 juta, jadi dengan dibentuknya UPZ berarti telah berwenang mengumpulkan zakat,” jelasnya.

Disamping itu yang berwenang untuk memberhentikan UPZ itu sendiri hanya Baznas, apabila di temui pelangaran dalam mengumpulkan zakat.

“Setelah di berikan kewenangan, UPZ baru dapat mendistribusikan zakat setelah melaporkan zakat yang di kumpulkan kepada baznas dan baznas nantinya akan memberikan surat pendelegasian terlebih dahulu sebelum dilakukannya pendistribusian,” tukasnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top