Ruang Publik

Satgas Saber Pungli Bukittinggi Berikan Sosialisasi Pada Seluruh Pihak Terkait

HaloBukittinggi : Menindaklanjuti ketentuan pasal 8 Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber), Pemerintah Kota Bukittinggi telah membentuk Tim Satgas Saber Pungli terhitung sejak 7 Februari 2017 lalu, dan sejauh ini sudah mulai menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya.

Ketua Satgas Saber Pungli yang juga Waka Polres Bukittinggi Kompol Dasveri Abdi, Selasa (23/5/2017), mengatakan, untuk memaksimalkan tugas dan tindak lanjut tim yang bertugas untuk menjalankan pemerintahan secara bersih ini, dioptimalkan sosialisasi kepada seluruh pihak terkait.

“Satgas Saber pungli bertugas melakukan pemantauan hal-hal yang diluar ketentuan peraturan perundangan-undangan, seperti memberi dan menerima uang serta memungut uang diluar peraturan daerah tidak diperbolehkan,” jelasnya.

Melalui Satgas Saber Pungli ini, Dasveri Abdi berharap terbentuk pemerintahan yang bersih dan mendorong aparatur sipil negara (ASN) memberikan pelayanan lebih baik dan sesuai prosedur yang telah diatur perundang-undangan atau peraturan daerah yang berlaku.

“Tim Saber Pungli itu sendiri terbentuk lewat SK Wako pada tanggal 27 Januari 2017. Dengan begitu Tim ini memiliki legalitas untuk memberantas praktek pungli di Bukittinggi,” ulasnya.

Dasveri Abdi menambahkan, tim telah melakukan beberapa kali pertemuan, termasuk sosialisasi lewat spanduk,  baliho, membuat stiker dan membentuk call center untuk pengaduan masyarakat, dan hari ini di hall Balaikota Bukittinggi diadakan sosialisasi langsung, untuk mewujudkan pembangunan yang bersih jujur dan transparan.

“Tujuan sosialisasi meningkatkan pemahaman aparatur apa yang boleh dan tak boleh dikerjakan dan melahirkan komitmen bersama untuk tidak lagi pungli di Pemko Bukittinggi,” terangnya.

Peserta dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, Kepala Sekolah dan instansi vertikal yang melakukan pelayanan public seperti Samsat, Imigrasi, Bulog dan Rumah Sakit. Sementara Narasumber dari Polda Sumbar, Kejaksaan Tinggi dan Pemko Bukittinggi. Hari ini juga sekaligus launching Call Center pada nomor  08116605050 dan penyerahan Banner dan Stiker.

Pada kesempatan yang sama Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi, mengatakan, sosialisasi hari ini sebagai langkah awal komitmen Pemko terhadap Sapu Bersih Pungutan Liar tidak setengah-setengah, karena pemahaman Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang pungli tidaklah sama agar terhindar dari perbuatan pungli.

“Peran masyarakat untuk mengoptimalkan peran Satgas Saber Pungli ini juga sangat penting demi tegaknya hukum di Bukittinggi. Sejak dilantik Pemko Bukittinggi berusaha melakukan pembenahan. Banyak Pungutan Liar sebelumnya yang telah dibenahi seperti pungutan parker dan saat ini sudah dikembalikan sesuai peraturan sebesar Rp 2 ribu, dan petugasnya digaji pemerintah.

Dengan dukungan semua jajaran sambung Irwandi, Satgas Saber Pungli tidak ragu bertindak. Itu semua demi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Instansi pelayanan pun telah melakukan pembenahan. Instansi yang disangkakan ada indikasi Pungli pun sudah dibenahi. Perubahan sikap mental oknum dan Masyarakat sangat dibutuhkan. Sepanjang ada masukan kepada tim saber pungli sudah dibenahi.

“Irwandi mengajak jajaran Pemko Bukittinggi harus teguh. Itulah gunanya sosialisasi ini. Agar seluruh OPD dan pihak terkait memiliki sikap dan argumentasi yang sama di setiap tingkat, sekaligus mengatasi masalah bersama, serta juga diigingatkan untuk menghindari pungutan apapun yang bersifat illegal,” tukasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top