Ruang Publik

Kelurahan Kayu Kubu Laksanakan Pelatihan Kampung Siaga Bencana

HaloBukittinggi : Untuk kedua kalinya  Dinas Sosial  Kota Bukittinggi  membentuk Kampung  Siaga Bencana  (KSB) tahun  2017. Kali ini kampung Siaga bencana dibentuk di Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang.

Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, Ellia Makmur, Jum’at (19/5/2017), mengatakan, pembentukan KSB dan pelatihan ini bertujuan untuk membantu korban bencana baik saat terjadi bencana maupun  paska bencana.

“Seluruh peserta sangat bersemangat  mengikuti pelatihan ini, dan diminta nantinya harus ikhlas dalam pelaksanaan  tugas mulia ini, sebagai bagian dari masyarakat yang peduli akan bencana,” ulasnya.

Kepada seluruh peserta sambung Ellia Makmur, jangan hanya bertugas setelah terjadi bencana. Tapi juga harus mampu menanggulangi bencana. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan kepada peserta dan pihak kelurahan dapat membentuk lumbung dan posko KSB Kelurahan Kayu Kubu.

“Kegiatan pembentukan kampung siaga bencana ini  berlangsung selama tiga hari mulai Selasa (16/5/2017), hingga Kamis (18/9/2017),” ujarnya.

Ellia Makmur menambahkan, hari pertama diawali dengan pembukaan oleh kadis sosial dan sosialisasi dari pemateri Koordinator Tagana Bukittinggi Salehan.

Hari kedua dan ketiga dilanjutkan  dengan  pelatihan praktek dilapangan bagi peserta yang sudah terpilih sebagai anggota  KSB. Praktek lapangan itu berisi cara menanggulangi bencana apapun jenisnya.

Selain dari Tagana nara sumber juga berasal dari  Dinas sosial Provinsi Sumbar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, serta dari Kodim 03/04 Agam.

Peserta berjumlah  24 orang  dari unsur pemuda Kelurahan Kayu Kubu yang direkrut oleh pihak kelurahan dan Dinas Sosial Bukittinggi. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top