Ruang Publik

TMSBK Bukittinggi Dianugerahi Kelahiran Tiga Ekor Harimau Sumatera

HaloBukittinggi : Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi kembali dianugerahi dengan kelahiran tiga ekor anak Harimau Sumatera, pada Selasa (2/5/2017), sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi.

Kepala Bidang TMSBK Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Ikbal, mengatakan, kelahiran anak Harimau Sumatera ini sudah diprediksikan pada pertengahan bulan Mei ini, dengan masa kehamilan 90 hingga 100 hari, namun untuk kelahiran kali ini lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

“Bertambahnya koleksi Harimau Sumatera ini menandakan TMSBK sebagai lembaga konservasi, telah berhasil mengembangbiakan satwa yang tergolong langka dan habitatnya yang hampir musnah di hutan Sumatera ini,” tukasnya.

Ikbal menambahkan, tiga ekor anak Harimau Sumatera yang baru lahir ini belum diketahui jenis kelaminnya, pertama kali diketahui oleh petugas penjaga, dan kehadirannya menambah koleksi Harimau Sumatera di TMSBK Bukittinggi menjadi 12 ekor.

“Tiga ekor anak Harimau Sumatera itu lahir dari pasangan induk jantan Bancah dan Induk betina Dara Jingga, lahir secara normal, dan hingga saat ini dalam kondisi sehat. Sementara itu untuk tumbuh dan kembangnya, disesuaikan dengan habitat aslinya di hutan, atau dengan arti kata dibiarkan menyusui dengan induknya, sambil dikontrol kesehatannya oleh dokter hewan,” jelasnya.

Sebelumnya sambung Ikbal, kelahiran tiga ekor anak Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) juga tercatat di TMSBK pada 14 November 2016 lalu, dari induk betina bernama Sean dan induk jantan juga si Bancah.

Ikbal mengaku, dengan 12 ekor Harimau Sumatera yang ada di TMSBK saat ini, dari segi kandang sudah melebihi kapasitas, kemungkinan nantinya akan dijalin kerjasama pertukaran satwa dengan Kebun Binatang lainnya di Indonesia, sehingga satwa yang belum ada di TMSBK dapat dihadirkan dengan adanya kerjasama ini.

“Seperti halnya kerjasama hibah satwa yang baru-baru ini dijalin dengan Kebun Binatang Bali (Bali Zoo), TMSBK Bukittinggi mendapatkan sembilan ekor satwa, yakni tiga ekor Singa Afrika, tiga ekor Wallaby atau Kangguru Tanah, serta tiga ekor Burung Bayan,” terangnya.

Dalam proses hibah satwa dengan Bali Zoo ini tambah Ikbal, TMSBK Bukittinggi akan mengirimkan sepasang Harimau Sumatera yakni Pandeka Balang dan Sean, namun karena Sean saat ini masih menyusui ketiga ekor anaknya, pengiriman satwa ini belum dilakukan, sementara TMSBK telah lebih dahulu menerima satwa dari Bali Zoo.

Ikbal berharap, tiga ekor anak Harimau Sumatera ini dapat tumbuh dan kembang dengan baik dan sehat, serta kedepan juga diharapkan TMSBK semakin banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sementara itu petugas penjaga kandang atau pawang Harimau, Masrizal mengatakan, kelahiran tiga ekor anak Harimau Sumatera ini langsung terlihat dikandangnya, tanpa dibantu, proses nya normal seperti kelahiran sebelumnya.

Saat ini ketiga ekor anak Harimau Sumatera ini sudah nyaman bersama induk betina di dalam kandang yang dipisahkan dari induk jantannya, siang tadi juga telah diperiksa dokter hewan, ketiga anaknya dalam kondisi sehat. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top