Ruang Publik

Pemerintah Kota Bukittinggi Dukung Program PT KAI Aktifkan Jalur Kereta Api

HaloBukittinggi : Pemerintah Kota Bukittingggi mendukung pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengaktifkan kembali jalurlintasan kereta api di Kota Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias mengatakan, Jum’at (27/4/2017), menjelaskan, pemerintah daerah menyambut positif rencana PT KAI yang mengaktifkan kembali jalur kereta api di Bukittinggi. Karna dengan diaktifkannya kembali jalur kereta api itu, maka akan menunjang sector Pariwisata Kota Bukittinggi sekaligus  berdampak terhadap pengembangan kota kedepan.

“Tidak hanya itu, pengaktifan jalur kereta api  juga dapat mengurai berbagai kemacetan arus lalu lintas yang selama ini terjadi di Bukittinggi. Dengan diaktifkannya kembali jalur kereta api tersebut, pemerintah daerah berharap agar lintasan  jalur kereta api di Kota Bukittinggi dibuat diatas jalan,” terangnya.

Pemko Bukittinggi berharap  agar jalur lintasan  kereta api yang dibuat  didalam Kota Bukittinggi tidak lagi dijalur bawah seperti jalur yang ada sekarang ini. Namun sebaliknya, jalur tersebut berada di atas jalan.  Apabila PT KAI setuju membuat jalur kereta api diatas, maka kita izinkan PT KAI untuk membuka dan m,engaktifkan jalur kereta api itu kembali. Dan hal ini juga telah kita sampaikan kepada pihak PT KAI dan Mentri BUMN.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, dari Informasi yang diterima dari pihak  PT KAI, dalam waktu dekat PT KAI Divre Sumbar bakal melakukan penertiban bangunan liar disepanjang jalur rel kereta api yang ada saat ini. Sebelum dilakukan penertiban, maka pihak PT KAI terlebih dahulu  akan melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait pembebasan lahan kereta api di Bukittinggi.

“Untuk Bukittinggi sendiri , jalur kereta api terdapat sepanjang 5,7 kilometer. Dan saat ini sebagian lahan dari jalur tersebut disewakan kepada warga untuk keperluan perumahan maupun tempat usaha oleh pihak PT KAI. Dan jika jalur tersebut kembali diaktifkan maka perlu disosialisasikan kepada warga,” ujarnya.

Pada prinsipnya sambung M. Ramlan Nurmatias, pemerintah daerah mendukung rencana pengaktifan jalur kereta api ini. Sebab selama ini,masyarakat yang tinggal disepanjang jalur kerata api tersebut statusnya hanya menyewa, mereka harus siap kapan pun lahan tersebut diminta kembali oleh pihak PT KAI, dan Pemko Bukittinggi siap memfasilitasi untuk sosialisasi tersebut. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top