Ruang Publik

Puncak Hari Kartini ke 138, RRI Bukittinggi Gelar Malam Pagelaran Seni dan Budaya

HaloBukittinggi : Puncak peringatan hari Kartini ke 138 tahun 2017, RRI Bukittinggi malam ini menggelar pagelaran seni dan budaya, yang disiarkan secara langsung melalui studio Programa 1 dengan Frekwensi 94.8 MHz.

Pantauan dilapangan, ratusan tamu dan undangan turut menghadiri acara digelar di panggung terbuka ini, dua buah tenda yang dipasang panitia terlihat penuh, belum lagi ada diantara mereka yang berdiri di sekitar lokasi, dan tidak terkecuali salah seorang anggota Dewan Pengawas RRI Tantri Relatami yang menyempatkan diri hadir ke RRI Bukittinggi.

Kepala Stasiun RRI Bukittinggi Samirwan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang sudah dirancang panitia pelaksana dengan sebaik mungkin, berbagai penampilan kesenian khas daerah ditampilkan dalam acara malam ini, mulai dari Tari Pasambahan, Tari Piring, Rabab Pasisia khas Sumatera Barat, Paduan Suara Batak Medan, Gamelan Jawa, Kesenian Acehserta sejumlah penampilan lain yang dapat disaksikan oleh tamu undangan serta pendengar dirumah.

“Malam pagelaran seni dan budaya mengambil tema “Keberagaman Budaya Jayalah Indonesia”, maka dari itulah RRI Bukittinggi mencoba menampilkan berbagai penampilan kesenian dari berbagai daerah, sehingga masyarakat mengenal dan mencintai kekayaan budaya tradisional di Indonesia,” jelasnya, Sabtu (22/4/2017).

Menurut Samirwan, tujuan malam pagelaran seni dan budaya ini adalah untuk mempersatukan perbedaan, preferensi yang memberi akses luas bagi publik, lewat segmentasi siaran dan keberagamannya dalam beberapa programa sesuai wilayah, dan RRI Bukittinggi menindaklanjutinya dengan pendekatan programatis, dimana segala bentuk kesenian daerah ditampilkan dalam program siaran.

“Sejalan dengan peringatan Kartini ke 138 ini, RRI Bukittinggi menggelar berbagai agenda kegiatan lomba, yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari Taman Kanak-kanak hingga orang dewasa, yang berlangsung sejak Rabu 19 April 2017 lalu,” tukasnya.

Samirwan menambahkan, Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional yang menjadi simbol kebangkitan perempuan Indonesia, dan sebagai apresiasi memperingati hari kelahiran nya itulah RRI Bukittinggi menggelar sejumlah agenda kegiatan.

“Melalui kegiatan ini peran RRI, selain sebagai pelapor setiap kegiatan pemerintah dan lain sebagainya, kehadiran RRI Bukittinggi juga diharapkan sebagai pelopor hal yang positif untuk kemajuan bangsa,” tukasnya.

Agenda kegiatan peringatan HUT Kartini ke 138 ini dimulai pada Rabu 19 April 2017 lalu, dengan lomba mewarnai yang diikuti oleh 500 orang peserta TK se Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam di gedung auditorium, yang disejalankan dengan lomba memasak Indomie goreng kreatif antar DWP PKK Kota Bukittinggi dan umum diikuti 50 peserta, yang digelar di pelataran parkir RRI Bukittinggi.

Kegiatan dilanjutkan pada hari ini Kamis (20/4/2017), dengan kegiatan lomba baju kurung yang merupakan salah satu pakaian khas wanita Minangkabau, di Auditorium RRI Bukittinggi, yang diikuti 75 orang peserta perwakilan TK dan SD se Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top