Ruang Publik

Momen Hari Kartini, RRI Bukittinggi Gelar Berbagai Lomba

HaloBukittinggi : Rangkaian peringatan hari Kartini ke 138 tahun 2017, RRI Bukittinggi gelar berbagai agenda kegiatan lomba, yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari Taman Kanak-kanak hingga orang dewasa.

Koordinator Seksi Acara HUT Kartini ke 138 RRI Bukittinggi, Nanik Syamsu, Kamis (20/4/2017), mengatakan, agenda kegiatan ini dimulai pada Rabu 19 April 2017, dengan lomba mewarnai yang diikuti oleh 500 orang peserta TK se Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam di gedung auditorium, yang disejalankan dengan lomba memasak Indomie goreng kreatif antar DWP PKK Kota Bukittinggi dan umum diikuti 50 peserta, yang digelar di pelataran parkir RRI Bukittinggi.

“Kegiatan dilanjutkan pada Kamis (20/4/2017), dengan kegiatan lomba baju kurung yang merupakan salah satu pakaian khas wanita Minangkabau, di Auditorium LPP RRI Bukittinggi, yang diikuti 75 orang peserta perwakilan TK dan SD se Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam,” jelasnya.

Kegiatan hari Kartini ke 138 ini bertemakan “Semangat R.A Kartini Kita Wujudkan Kreativitas Perempuan dan Anak Guna Menopang Pembangunan Kepribadian Bangsa,” dan RRI Bukittinggi menindaklanjuti nya dengan mengajak kaum perempuan untuk aktif berperan dalam segala bidang.

Menurut Nanik Syamsu, itulah sikap tegas kaum wanita yang secara langsung mencerminkan keluhuran cita-cita Kartini. Kemudian, melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontibusi positif dalam rangka memajukan kaum perempuan Indonesia sesuai cita-cita mulia R.A Kartini.

“Rangkaian kegiatan peringatan hari kartini yang ke 138 itu diakhiri dengan dialog interaktif bersama Ketua TPKK Bukittinggi dan organisasi wanita Bukittinggi pada Jumat (21/4/2017) besok di Pro 1 RRI Bukittinggi dengan tema “Peran Perempuan Pada Era Globaliasi”, serta penampilan seni budaya multi etnis dan permainan kim pada Sabtu (22/4/2017) malam nanti mulai pukul 20.00 WIB,” tukasnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Bukittinggi Yesi Ramlan, menjelaskan, kegiatan peringatan hari Kartini yang dilaksanakan RRI Bukittinggi ini menandakan perempuan Indonesia khususnya di Bukittinggi sudah lebih maju, lebih cerdas, karena sudah aktif bergerak di bidang pekerjaan dan organisasi.

“Selain untuk menjalin silaturrahmi antar peserta, kegiatan yang diadakan RRI Bukittinggi ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kaum wanita. Seiring dengan adanya emansipasi wanita, kaum wanita telah mampu menempatkan diri wanita Indonesia sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap kaum lelaki,” terangnya.

Sebagai kaum perempuan dan wanita karir tambah Yesi Ramlan, hendaknya tidak melupakan kodratnya sebagai ibu dan seorang isteri. Menghadapi era globalisasi, perempuan Minang sangat diharapkan tetap menjadi idola seperti perempuan Minang zaman dulu yang tetap berpegang teguh dengan adat istiadat dan Agama.

“Berkaitan dengan program TP-PKK Bukittinggi kedepan, saat ini giat dilaksanakan sosialisasi tentang perlindungan perempuan dan anak, tidak saja kepada masyarakat dan keluarga yang bersangkutan tapi juga kepada dunia usaha dan elemen kemasyarakatan lainnya,” ujar Yesi Ramlan.

Berbagai perlombaan yang digelar LPP RRI Bukittinggi ini disponsori oleh Indofood, Susu Zee, Entrasol, Hoki Store, Morinaga dan Child go, serta didukung oleh Pemko Bukittinggi khusunya TP-PKK dan DWP LPP RRI Bukittinggi. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top