Ruang Publik

TMSBK Bukittinggi Tingkatkan Peran Dalam Pemeliharaan Satwa dan Fungsi Edukasi

HaloBukittinggi : Sebagai lembaga konservasi satwa, Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi, terus meningkatkan perannya dalam hal pemeliharaan seluruh satwa yang dipelihara, karena berbagai spesies ini memiliki karakter yang berbeda, butuh penanganan khusus untuk merawatnya.

Demikian disampaikan Kepala Bidang TMSBK Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Bukittinggi Ikbal, dan selanjutnya menjelaskan, kebun binatang harus dapat berfungsi tidak hanya sebagai wahana rekreasi warga melainkan memiliki fungsi edukasi dan konservasi satwa. Sehingga satwa spesies langka dan endemik tersebut tidak punah bahkan makin bertambah koleksinya.

“Sebagai lembaga konservasi yang berperan menangkar satwa langka diluar habitatnya, tmsbk bukittinggi juga komit menyelamatkan satwa yang terancam punah karena kerusakan habitatnya, tempat penitipan satwa-satwa langka milik negara, serta menjaga kemurnian genetic,” ulasnya, Sabtu (22/4/2017).

Sebagai sarana pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi sambung Ikbal, TMSBK juga memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat luas, tentang pentingnya konservasi alam dan lingkungan melalui peragaan maupun pertunjukan satwa, menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap satwa, serta alam flora dan fauna sejak dini kepada siswa sekolah dan berbagai kalangan masyarakat lainnya, melalui program pengenalan satwa liar dan lingkungan.

Disamping itu TMSBK juga melaksanakan penyuluhan tentang konservasi sumber daya alam secara berkelanjutan kepada masyarakat, sebagai sarana penelitian bagi berbagai disiplin ilmu, kedokteran hewan, biologi, peternakan, pariwisata dari berbagai tingkatan pendidikan. Serta sarana penelitian para pakar konservasi dari lembaga konservasi nasional maupun internasional.

Ikbal menambahkan, peran tmsbk yang sangat diinginkan masyarakat adalah sebagai lokasi hiburan yang layak dan terjangkau, sebagai tempat rekreasi yang sehat dan mendidik bagi berbagai kalangan, maka dari itu pihak TMSBK akan terus mengoptimalkan seluruh peran, sehingga seluruh pengunjung merasakan manfaat yang dituju saat melakukan kunjungan. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top