Ruang Publik

Wali Kota Bukittinggi Lantik 31 Pejabat Eselon II dan III

HaloBukittinggi : Setelah proses seleksi pejabat selesai dilaksanakan dalam jangka waktu lebih dari satu bulan, akhirnya Rabu 19 April 2017 dalam apel gabungan yang bertempat di pelataran Balai Kota, Bukit Gulai Bancah, Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias mengumumkan 12 orang pejabat eselon IIb yang mengisi Kepala Dinas dan Kepala Badan untuk melengkapi kekosongan Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD).

Pelantikan ini juga diikuti 19 orang pejabat eselon IIIa yang juga dimutasi dan dirotasi untuk menempati jabatan baru, sehingga total pejabat yang diambil sumpangnya 31 orang.

M. Ramlan Nurmatias mengatakan, mutasi dan rotasi pejabat ini disejalankan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia nomor 13 tahun 2014, tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

“Pejabat eselon IIb yang dilantik ini murni dari hasil lelang jabatan yang dilakukan pada Maret 2017 lalu, dengan sistem lelang terbuka melalui Panitia seleksi (Pansel) Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Setelah dilakukannya pelantikan ini, maka pejabat yang bersangkutan akan dilakukan evaluasi kinerjanya selama enam bulan,” terangnya.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, pengisian jabatan pejabat eselon IIb, sebelumnya seluruh calon pejabat telah mengikuti seleksi tertulis, psikotest, dan wawancara, pejabat yang terpilih ini tidak hubungannya dengan unsur suka atau tidak suka, namun lebih kepada hasil yang diperoleh sesuai bidang jabatan yang dipilih.

“Seluruh proses seleksi pejabat yang dilakukan Pemko Bukittinggi telah sesuai dengan rekomendasi Kemenpan-RB, murni dapat dipertanggungjawabkan, dan setelah hasil nya keluar baru dilantik pejabat yang nama dan hasil uji kompetisi nya memenuhi kriteria yang diminta,” ujarnya.

Adapun pejabat eselon II yang dilantik itu yakni, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Bukittinggi, Baharyadi, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Nofrianto CH, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan olahraga, Erwin Umar, Kepala Dinas Kebakaran, Martius Bayu, Inspektur Kota Bukittinggi Amri dan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Syafnir.

Kemudian Kepala Badan Keuangan Herriman, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sustina, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Oktavianus, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Novri, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Tati Yasmarni, dan Kepala Dinas Kesehatan Yendra Ferry.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, seluruh pejabat yang dilantik ini kinerjanya akan dievaluasi, sehingga dapat digambarkan apakah pejabat bersangkutan mampu atau tidak menjalankan tugas pokok dan fungsi, sesuai dengan jabatan yang diamanahkan.

“Pejabat eselon II dan III yang telah dilantik ini diharapkan mampu menjalankan visi dan misi kepala daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan apabila nantinya pejabat bersangkutan tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik, Pemko Bukittinggi akan menggantinya dengan pejabat baru yang dinilai lebih layak mengemban tugas,” tukasnya.

Selain itu tukas M. Ramlan Nurmatias, hendaknya juga dapat memberikan kemajuan untuk SOPD yang dipimpinnya itu dengan tetap memperhatikan program yang dinilai baik untuk Bukittinggi yang lebih baik lagi.

“Saya minta agar kinerja masing-masing SOPD  dan satuan kerja dapat  semakin meningkat. Berikan dukungan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staff. Kepada  ASN  juga harus bisa menjaga rahasia negara dan telefon harus ektif 24 jam. Dalam menjalankan pemerintahan saya tidak suka menerima bisikan, apalagi interfensi dari pihak manapun,” ungkapnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top