Ruang Publik

BPBD Bukittinggi Segera Bentuk Kelompok Reaksi Cepat Untuk Antisipasi Banjir

HaloBukittinggi : Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi imbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam drainase, mengingat saat terjadinya hujan derah volume air cepat naik, seperti halnya banjir yang terjadi pada Sabtu 15 April 2017 lalu di Kelurahan Pakan Kurai, Kecamatan Guguk Panjang, yang menyebabkan kepanikan warga sekitar.

Kepala BPBD Kota Bukittinggi Musmulyadi mengatakan, pengoptimalan pemeriksaan drainase secara berkelanjutan wajib dilakukan, apalagi saat kondisi curah hujan yang cukup tinggi saat sekarang ini, maka dari itu BPBD optimalkan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, guna mencek kondisi seluruh drainase yang berpotensi adanya penumpukan sampah.

“Sebagai daerah perlintasan sungai batang agam, memang debit air saat intensitas hujan tinggi di bukittinggi kadang tidak terbendung oleh drainase yang ada, sehingga menyebabkan genangan air di sejumlah titik, maka dari itu masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, terutama bagi yang kondisi rumahnya tidak terlalu tinggi dari drainase,” ujarnya, Selasa (18/4/2017).

Menurut Musmulyadi, saat terjadinya musibah banjir BPBD bersama seluruh personil juga mengoptimalkan peran penanganan banjir, namun dari segi peralatan masih ada kekurangan, seperti perahu karet, boat, dan mesin pam terapung yang sangat dibutuhkan untuk mengevakuasi warga, namun demikian kekurangan peralatan itu telah diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Disamping itu dari segi personil, BPBD Bukittinggi saat ini masih kekurangan tenaga terutama untuk membentuk Tim Reaksi Cepat (TRS), yang sangat dibutuhkan saat terjadinya bencana, karena disamping melakukan penanganan di lokasi, tim ini juga difungsikan untuk membantu meringankan beban korban terutama dari segi moral, mengatasi perasaan shok warga yang terimbas bencana,” jelasnya.

Musmulyadi berharap, dengan optimalnya koordinasi dengan dinas terkait, BPBD Bukittinggi dapat mengantisipasi bencana banjir secara dini, dan kedepan juga akan dibentuk kelompok siaga bencana di setiap kelurahan, sehingga koordinasi berjalan dengan baik untuk melakukan penanganan bencana. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top