Ruang Publik

BKSDA Sumbar Minta Perawatan Singa Afrika di TMBSK Bukittinggi Harus Dioptimalkan

HaloBukittinggi : Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat meminta pihak Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi untuk menjaga kesejahteraan seluruh koleksi satwa, termasuk tiga ekor Singa Afrika (Panthera Leo) yang baru datang dari Bali Zoo atau Kebun Binatang Bali pada Sabtu 15 April 2017.

Kepala Seksi Wilayah Satu BKSDA Sumatera Barat Khairi Ramadhan mengatakan, sebagai lembaga konservasi, TMSBK Bukittinggi bertanggungjawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan seluruh koleksi satwa, mulai dari makanan, menjaga kesehatan, kebersihan kandang, serta kebutuhan lain yang sangat mempengaruhi perkembangan satwa.

“Khusus Singa Afrika yang didatangkan hasil dari kerjasama hibah dengan Bali Zoo, diperlukan penanganan khusus, paling tidak disamakan dengan Harimau Sumatera yang sudah berkembang biak dengan baik,” jelasnya, Selasa (18/4/2017).

Menurut Khairi Ramadhan, Singa juga tergolong binatang buas, makanan yang diberikan juga harus optimal, hendaknya disesuaikan dengan kebutuhannya, apalagi cek kesehatan yang sangat penting dilakukan setiap hari, mengingat alam habitat awalnya di Bali Zoo berbeda dengan Bukittinggi.

“Dari segi iklim TMSBK Bukittinggi cocok dengan habitat Singa, hal ini juga didukung dengan kandang yang telah dipersiapkan terlihat memadai, tinggal bagaimana pihak tmsbk menjaga kesejahteraan Singa, dan diharapkan tiga ekor Singa Afrika ini dapat tumbuh dan berkembang biak seperti Harimau Sumatera yang telah beberapa kali melahirkan, sehingga menambah koleksi satwa,” terangnya.

Kedatangan tiga ekor Singa Afrika dari Bali Zoo di TMSBK Bukittinggi tambah Khairi Ramadhan, secara otomatis akan menarik minat wisatawan, dan diharapkan pihak TMSBK menjaganya dengan optimal, sehingga secara berkelanjutan hewan ini tumbuh dan kembang seperti habitatnya di Bali Zoo yang telah berkembang biak dengan baik. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top