Ruang Publik

Tiga Ekor Singa Afrika Penghuni Baru TMSBK Bukittinggi

HaloBukittinggi : Kerinduan pengunjung yang datang ke Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi saat ini terobati, setelah tiga ekor Singa Afrika (Panthera leo) dari Bali Zoo atau Kebun Binatang Bali, Sabtu (15/4/2017), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari tadi sampai di Bukittinggi.

Kepala Bidang (Kabid) TMSBK Dinas Kebudayaan  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Ikbal, mengatakan, tiga ekor Singa Afrika ini berangkat dari Bali pada Senin 10 April 2017 lalu melalui jalan darat, dengan menggunakan Truk Container, yang didalamnya dilengkapi dengan tiga unit box.

“Saat ini ketiga ekor singa Singa Afrika yang didatangkan hasil kerjasama hibah satwa yang diawali pada Oktober 2016, berada di dalam kandang isolasi  yang berada disamping kandang utama dalam kondisi sehat. Penempatan dalam kandang isolasi itu bertujuan agar satwa itu dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungannya sebelum dilepaskan ke kandang utama,” jelasnya.

Menurut Ikbal, dalam waktu dua sampai tiga hari akan dilihat dulu perkembangannya, apabila sudah merasakan adaptasi dengan kondisi lingkungannya, baru dilepas ke kandang utama yang telah dipersiapkan.

Singa Afrika tersebut itu terdiri dari dua ekor betina berusia 4 tahun dan satu ekor jantan berusia 6 tahun, dan kehadiran Singa Afrika ini diharapkan dapat mendongkrak peningkatan jumlah pengunjung baik wisatawan daerah maupun mancanegara.

“TMSBK sendiri sudah 10 tahun lebih tidak memiliki koleksi hewan berupa Singa. Setelah sepasang Singa yang dihibahkan Kebun Binatang Surabaya tahun 1999, mati pada tahun 2007 lalu,” ujarnya.

Dalam paket kerjasama hibah satwa dengan pihak Bali Zoo ini tambah Ikbal, TMSBK Bukittinggi sebelumnya telah menerima tiga ekor Walabi atau Kangguru Tanah (Thylogale brunnii), yang terdiri dari seekor jantan dan dua ekor betina, yang sampai pada Senin 10 April 2017. Serta tiga ekor Burung Bayan (Eclectus roratus polychorus), satu ekor jantan, dan dua ekor betina, yang datang pada Rabu 12 April 2017 lalu.

Menurut Ikbal, untuk kondisi Burung Bayan telah dilepaskan di kandang dan disiapkan untuk dapat melakukan atraksi dan berinteraksi dengan pengunjung.

“Burung Bayan kondisinya sudah dalam setengah terlatih, dan direncanakan kedepan satwa burung ini dapat melakukan atraksi bagi pengunjung kebun binatang. Sementara itu tiga ekor Walabi atau Kangguru berada didalam kandang isolasi, setelah beradaptasi juga akan ditempatkan dalam kandang yang telah disediakan,” jelasnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top