Ruang Publik

Penerbitan KIA di Bukittinggi Menunggu Pencairan Dana APBD

HaloBukittinggi : Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bukittinggi direncanakan pada bulan April 2017 mendatang, namun kepastiannya menunggu pencairan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sekretaris Disdukcapil Bukittinggi, Masriwal, Selasa (4/4/2017), menjelaskan, disamping dana APBD, untuk menerbitkan KIA disertai blanko, juga dibantu dana dari Dana Alokasi Khusus APBN, dan hingga kini dana itu belum cair, namun secara prinsip penerbitannya tinggal menunggu waktu.

“Secara umum Pemko Bukittinggi mendukung program Disdukcapil untuk menerbitkan KIA pada bulan April nanti, dan diharapkan dana yang telah dianggarkan itu dapat digunakan, sehingga penerbitan KIA tidak terkendala maupun tertunda,” tukasnya.

Kondisi saat ini sambung Masriwal, Kota Bukittinggi telah memenuhi syarat penerbitan KIA sebesar 82% dari target nasional, dan untuk wilayah Sumbar baru dua daerah yang telah menerbitkan KIA yakni Kota Sawahlunto dan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Untuk menerbitkan KIA ini Disdukcapil akan menjalin kerja sama dengan pihak sekolah dengan mengirimkan surat untuk mengumpulkan persyaratan dan jika telah terkumpul akan dijemput petugas, kemudian data itu dibawa ke kantor untuk segera diterbitkan,” ujarnya.

Menurut Masriwal syarat penerbitan KIA, si anak harus memiliki akte kelahiran, foto dan telah terdaftar dalam kartu keluarga (KK), sehingga memudahkan pihaknya dalam pendataan dan penerbitan KIA, sebelum si anak belum berusia 17 tahun atau 17 tahun kurang 1 hari.

“Berdasarkan data di Disdukcapil Kota Bukittinggi, tercatat jumlah anak usia 0-18 tahun di Bukittinggi sebanyak 39.384 anak, dan yang telah memilik akta kelahiran sebanyak 32.180 anak, dan sisanya 7.204 anak belum memiliki akta kelahiran, dan hal ini lah yang perlu disegerakan meminta si orang tua mengurus akta kelahiran anak,” terangnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top