Ruang Publik

Wali Kota Minta Dinas Satpol PP Bukittinggi Tingkatkan Pengawasan Peraturan Daerah

HaloBukittinggi : Dalam amanatnya Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias mengatakan, keberadaan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja sangat penting dalam mengamankan, mengawasi, dan menertibkan Peraturan Daerah (Perda).

Menurutnya, dalam bekerja memang tidak selalu mulus dan aman. Program kerja keras dan kerja sama selama 2016 memang banyak tantangan dan hambatan. Namun diakui Wali Kota pada tahun 2017 ini sudah dinikmati hasilnya, ketertiban dan penataan kota mulai tampak dan dirasakan masyarakat.

“Selaku petugas penertib Perda, Dinas Satpol PP tidak boleh main-main, karena tugasnya mengawal masyarakat mematuhi Perda bukan membiarkannya, karena juga menyangkut tugas Negara, jangan sampai aparat Satpol PP malah bermain dan melanggar peraturan. Anda digaji untuk mengamankan Perda bukan merusaknya,” tukasnya, usai apel khusus bersama seluruh anggota Satpol PP Bukittinggi, Senin (3/4/2017) di halaman Balaikota.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, apabila terbukti ada yang berbuat demikian, Pemko Bukittinggi tidak akan ragu melakukan penindakan. Bahkan kalau perlu akan dikeluarkan, dari pada merusak tatanan kesatuan kerja.

“Pemko Bukittinggi Mengimbau aparat Dinas Satpol PP untuk bekerja sebaik-baiknya. Lakukan tugas sesuai prosedur dan SOP yang ada. Lakukan penertiban yang baik. Bagi tugas sesuai kebutuhan. Jangan ragu menindak jika ada masyarakat yang melanggar Perda, namun tetap mengacu pada prosedur yang ditetapkan,” terangnya.

Termasuk aparat Satpol yang masuk tim SK4 tambah M. Ramlan Nurmatias, ketertiban yang sudah baik selama ini pertahankan. Jika ada yang kurang segera perbaiki. Kepada personil hendaknya juga selalu menjaga kesehatan, gunakan waktu istirahat dengan sebaik mungkin.

“Harapan itu semua karena tumpuan harapan penertiban Perda ada ditangan aparatur Dinas Satpol PP. Terkhusus kepada anggota yang baru diangkat, lakukan tugas sesuai SOP yang ada. Jangan terpengaruh hal-hal yang tidak baik dari senior. Tetap bersemangat bekerja dengan ikhlas dan adil,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Satpol PP Bukittinggi Syafnir mengatakan, apel hari ini sengaja diadakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan tugas di lapangan. Untuk mengingatkan dan mengkoreksi koreksi adanya laporan penyimpangan pelaksanaan tugas di lapangan.

“Termasuk juga masalah disiplin jika ada kelalaian dalam melaksanakan tugas, diakui masih ada beberapa pelaksanaan tugas yang belum optimal. Jika ada ketimpangan akan dilakukan tindakan tegas dan jika merupakan pelanggaran berat dan ada bukti muat bila perlu oknum yang bersangkutan akan dipecat,” terangnya.

Syafnir mengaku ada laporan dari masyarakat yang merasa telah diperlakukan tidak adil oleh oknum Dinas Satpol PP yang melindungi masyarakat tertentu, padahal sama-sama melanggar Perda. Masyarakat yang bersangkutan melapor kepada Wali Kota. Kondisinya sama-sama ditangkap tapi ada yang dilepaskan karena ada unsur melindungi dan membekingi.

“Oknum yang bersangkutan telah dipanggil dan diproses selanjutnya dilakukan pembinaan dan menanda tangani Surat Pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Namun ditegaskan apabila diulangi lagi akan mendapat tindakan tegas berupa dikeluarkan dari Dinas Satpol PP,” ujarnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top