Ruang Publik

Forikan Bukittinggi Tingkatkan Sosialisasi Gemar Makan Ikan

HaloBukittinggi : Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi mencatat tingkat konsumsi ikan warga di belum memenuhi target 32 kilogram per kapita/tahun.

Tingkat konsumsi ikan baru sebesar 30 kilogram per kapita/tahun dan masih di bawah angka konsumsi ikan di Sumbar yang sudah mencapai 35 kilogram per kapita/tahun.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Bukittinggi, menggiatkan sosialisasi gemar makan ikan karena kandungan gizinya sangat diperlukan tubuh.

Demikian disampaikan Ketua Forikan Bukittinggi Yesi Endriani, Jum’at (31/3/2017), menurutnya, kandungan gizi ikan bermanfaat bagi perkembangan otak anak sehingga perlu dikonsumsi sejak dini di samping harganya yang lebih murah.

“Setiap daerah diwajibkan untuk meningkatkan konsumsi ikan. Di Bukittinggi kami berupaya mencapainya melalui sosialisasi mengenai manfaat mengonsumsi ikan dan lomba memasak menu ikan,” ujarnya.

Untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan sejak dini terang Yesi Ramlan, sasaran sosialisasi yang dilakukan yakni ke setiap lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang ada di daerah itu.

“PAUD yang menyediakan pangan tambahan bagi anak diarahkan untuk menyediakan menu berbahan ikan dan menu yang disediakan itu direncanakan akan dilombakan,” terangnya.

Melalui sosialisasi itu sambung Yesi Endriani, PAUD dapat ikut memberi arahan pada orangtua dan mengajak anak menyukai menu ikan dengan menciptakan lagu bertema makan ikan.

Sasaran sosialisasi lainnya yakni rumah makan-rumah makan agar menyajikan lebih banyak menu ikan dan olahannya dan selanjutnya mengadakan pemilihan rumah makan terbaik yang menyajikan menu ikan.

“Kegiatan lain yaitu lomba memasak ikan yang diikuti 24 kelurahan. Resep yang diciptakan dalam lomba ini diuji kandungan gizinya lalu dibagikan ke lembaga PAUD agar menyajikannya untuk anak,” jelasnya.

Yesi Endriani berharap, dari upaya sosialisasi itu mampu meningkatkan konsumsi ikan yang kandungan omega tiga di dalamnya dapat mencerdaskan otak. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top