Ruang Publik

Wali Kota Bukittinggi Buka Musrenbang RKPD Tahun 2018

HaloBukittinggi : Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi Tahun 2018, di Auditorium Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittingi, Rabu (29/3/2017).

Dalam Musrenbang RKPD ini dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), angggota DPRD, Bappeda Provinsi Sumbar, Kepala SKPD, Camat Lurah, Ketua LPM beserta Pimpinan instansi vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD dan Perbankan dan Pimpinan organisasi kemasyarakatan se- Kota Bukittinggi.

Dalam pembukaan tersebut, M. Ramlan Nurmatias menyampaikan, Musrenbang RKPD Kota Bukittinggi  Tahun 2018 yang dilaksanakan ini, sebelumnya telah didahului dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan. Rangkaian Musrenbang yang digelar itu merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan RKPD tahun 2018.

Dalam Musrenbang kelurahan dan kecamatan yang telah dilaksanakan sebelumnya itu kata Ramlan, telah dirumuskan usulan program dan kegiatan yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat di empat bidang, yakni bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya dan bidang pemerintahan.

“Saya minta kepada SKPD terkaid untuk mengakomodir usulan Musrenbang kelurahan dan kecamatan tersebut menjadi kegiatan yang prioritas dalam rencana kerja SKPD masing masing. Selain itu penyusunan RKPD tahun 2018 harus mengacu kepada capaian target kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD Bukittinggi tahun 2016-2021,” tukasnya.

Diakuinya, Tahun 2018 merupakan tahun ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bukittinggi tahun 2016-2021, yang telah ditetapkan dengan Perda Nomor 4 tahun 2016, dengan  visi yang diwujudkan yakni terwujudnya Bukittinggi kota tujuan Pariwisata, Pendidikan, Kesehatan, Perdagangan dan Jasa yang berlandaskan nilai Agama dan Budaya.

Sementara itu Panitia Pelaksana Musrenbang RKPD Kota Bukittinggi, Robbi Novaldi mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD yakni untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Propinsi Sumbar.

Selain itu juga untuk membahas dan menyepakati program dan kegiatan pembangunan lintas kecamatan dan pembangunan skala kota, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan prioritas daerah. Dan hasil Musrenbang tingkat kota ini akan dijadikan banhan penyempurnaan rancangan RKPD Bukittinggi tahun 2018.

“Musrenbang RKPD Kota Bukittinggi tahun 2018 merupakan sebagai tahapan terakhir dari pelaksanaan musrenbang yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan Musrenbang RKPD dilaksanakan selama satu hari penuh,” ungkap Robbi yang juga merupakan Kabid Ekonomi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bukittinggi. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top