Ruang Publik

Optimalkan Smart City Bukittinggi, Upaya Pemko Maksimalkan Layanan pada Masyarakat

Konsep smart city atau kota pintar yang mulai diterapkan Pemerintah Kota Bukittinggi sejak Senin 27 Februari 2017 lalu, merupakan upaya peningkatan pelayanan pada masyarakat.

Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, menurutnya , penerapan konsep “smart city” di Bukittinngi dilakukan melalui peluncuran aplikasi Bukittinggi Smart, peluncuran 242 aplikasi berbasis website dan penyediaan 19 titik wifi atau layanan akses internet gratis.

“Perkembangan teknologi seperti saat ini, ditindaklanjuti Pemko Bukittinggi dalam bentuk inovasi terhadap pelayanan bagi masyarakat, sehingga kepastian informasi seperti waktu, biaya dan persyaratan untuk urusan tertentu dapat dilakukan dengan mudah,” jelasnya, Senin (6/3/2017).

Melalui 242 aplikasi yang disediakan bagi setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan sekolah itu sambung M. Ramlan Nurmatias, dapat membantu mempercepat pelayanan karena warga dapat mengaksesnya dari rumah sehingga tidak perlu datang ke kantor.

“Sementara pada aplikasi Bukittinggi Smart yang dapat di download masyarakat melalui smart phone atau ponsel pintar, memiliki keunggulan layanan pengaduan yang dapat dimanfaatkan masyarakat terkait masalah yang ditemui di lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sedangkan melalui penyediaan 19 titik wifi gratis, M. Ramlan Nurmatias berharap dapat menambah kenyamanan masyarakat mengingat akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan.

Sementara itu Ketua Bukittinggi Smart Creative (BSC), Monisfar, mengatakan, penerapan konsep “smart city” didasari oleh peran teknologi informasi yang dapat mempermudah urusan.

“Konsep ‘smart city’ dipercaya dapat menyelesaikan masalah di perkotaan seperti keamanan, sampah dan kemacetan sehingga perlu diterapkan di Bukittinggi dan tindaklanjutnya nanti dapat mewujudkan masyarakat yang madani,” terangnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top