Ruang Publik

Tingkatkan Kualitas Penduduk, Koalisi Kependudukan Bukittinggi Siapkan Dua Grand Design

 

Untuk meningkatkan kualitas penduduk, koalisi kependudukan Kota Bukittinggi siapkan dua grand design.

Ketua Koalisi Kependudukan setempat, Yasmen, Senin (6/3/2017), mengatakan, dua grand design yang akan dibuat pada 2017 yakni tentang kualitas penduduk dan tentang persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk.

“Grand design ini merupakan arahan dari pemerintah pusat dan kebutuhan bagi pemerintah baik provinsi maupun kota/kabupaten,” terangnya.

Menurut Yasmen, melalui grand design itu akan memberi petunjuk bagi organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam melaksanakan program di bidang kependudukan.

“Misalnya dalam kualitas penduduk, OPD yang terkait seperti Dinas Kesehatan, pencatatan sipil dan ketenagakerjaan dapat menentukan keputusan bersama bagaimana upaya meningkatkan kualitas penduduk,” jelasnya.

Sementara dalam persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk dapat membantu menyelesaikan masalah kepadatan penduduk di daerah itu yang masih terfokus ke satu kecamatan yakni Kecamatan Guguk Panjang.

“Sesuai tugas pokok, Koalisi Kependudukan membantu pemerintah setempat untuk menyusun rancangan tersebut,” tuturnya.

Yasmen menambahkan, kedua “grand design” itu merupakan kebutuhan terkini pemerintah setempat terkait kependudukan.

“Ada lima grand design yang diperlukan namun untuk tahun ini Bukittinggi fokus pada pembuatan dua gran design baru dan penyempurnaan satu yang telah berjalan yaitu grand design kuantitas kependudukan,” sambungnya.

Untuk kualitas penduduk, sambung Yasmen diperlukan sebuah arahan yang menjamin program apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas penduduk.

Sedangkan terkait persebaran penduduk, diperlukan rencana pembangunan yang dapat mendorong sebaran penduduk secara lebih merata di tiga kecamatan di Bukittinggi.

“Adanya arahan atau program mengenai kependudukan ini, nantinya diharapkan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait dapat menentukan program bersama karena urusan kependudukan ini bukan tanggung jawab satu OPD saja,” tukasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top