Ruang Publik

242 Aplikasi Berbasis Website Gratis Berhasil Dirancang Tim Bukittinggi Smart Creative

Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Tim Bukittinggi Smart Creative (BSC) merancang 242 aplikasi berbasis website.

Ketua Tim BSC, Monisfar, mengatakan, 242 aplikasi berbasis website tersebut diberikan kepada sekolah-sekolah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di daerah itu.

“Aplikasi ini sepenuhnya dibuat oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan dihibahkan kepada Pemko Bukittinggi sebagai bentuk kontribusi bagi perkembangan daerah,” ujarnya, Selasa (28/2/2017).

Menurut Monisfar, penggunaan aplikasi itu bagi setiap OPD akan memudahkan dan mempercepat pelayanan karena warga tidak perlu lagi datang ke kantor untuk pengurusan keperluan tertentu.

“Misal bila ingin mengurus suatu surat keterangan, cukup mendaftar melalui aplikasi itu dan datang ke instansi terkait ketika surat sudah dapat diambil. Dengan ini pelayanan lebih cepat,” terangnya.

Sementara bagi sekolah-sekolah, Monisfar berharap akan dapat merangsang kreativitas para siswa. Apabila sebelumnya siswa berkreasi melalui majalah dinding, maka melalui layanan yang disediakan itu karya siswa dalam bentuk majalah dinding yang semula hanya dinikmati warga sekolah menjadi dapat dibaca lebih luas oleh masyarakat.

Monisfar menambahkan, 242 aplikasi berbasis website diajukan untuk dicatatkan ke dalam rekor Museum Rekor Indonesia dengan nama rekor Pembuatan Website Gratis Terbanyak.

“Aplikasi berbasis website ini salah satu langkah untuk menuju ‘smart city’ yang tahapannya, yaitu membangun infrastruktur, membangun pemerintah lalu membangun masyarakat,” terangnya.

Ditargetkan dengan pemanfaatan aplikasi itu, maka data antar OPD menjadi terintegrasi dan transparan, mendekatkan dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat serta mendukung kreativitas siswa sekolah setempat. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top