Ruang Publik

242 Aplikasi Ciptaan ASN Bukittinggi Tercatat dalam MURI

Pemerintah Kota Bukittinggi siap memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi (TI) yang diwujudkan dengan hadirnya 242 aplikasi gratis yang telah dilounching Senin (27/2/2017) siang di pelataran taman Jam Gadang.

Peluncuran aplikasi gratis ini langsung mendapat penghargaan dari pihak Museum Rekor Dunia Indonesia untuk kategori pembuatan website secara gratis terbanyak, yang langsung diserahkan Tim Penilai Yusuf Ngadri pada Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias dan Wakil Wali Kota Irwandi, dan Ketua Tim Bukittinggi Smart Creative Monisfar.

Pada kesempatan itu Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias mengatakan, hadirnya aplikasi ini akan sangat membantu kinerja Pemerintah Kota Bukittinggi guna memaksimalkan pelayanan pada masyarakat, dan seluruh kinerja yang dilaksanakan Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) juga dapat dipantau dalam aplikasi ini.

“Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) itu sejalan dengan zaman modern sekarang yang telah dirasakan masyarakat manfaatnya, maka dari itu Pemko Bukittinggi membuat terobosan baru dalam bentuk aplikasi, sehingga tidak ada lagi istilah pelayanan yang terkendala,” terangnya.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, aplikasi itu dapat di download melalui smart phone atau ponsel pintar yang sudah biasa dipakai masyarakat, sehingga kepastian waktu, biaya pengurusan, pajak, retribusi, serta kapan selesainya dapat dipastikan, dan itu akan menghemat waktu masyarakat dan mengurangi antrian panjang. Serta dalam hal ini pemerintah kota bukittinggi juga memberikan keterbukaan informasi publik secara jelas dan terperinci.

“Disamping pemanfaatan layanan kepengurusan, tim bukittinggi smart city yang bertugas juga siap menerima laporan masyarakat yang mengalami kendala, apabila ditemukan pelanggaran masyarakat juga berhak melaporkan, hal itu juga untuk mengoptimalkan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli),” ujarnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, aplikasi ini murni ciptaan aparatur sipil negera (asn) yang bertugas di bidang komunikasi dan informasi, sehingga tidak ada anggaran dari penciptaannya, dan sebelumnya diakui banyak pihak ketiga yang ingin membuat website untuk program Smart City Bukittinggi, dan seluruhnya ditolak karena membutuhkan biaya yang besar.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi mengatakan, untuk mengoptimalkan pemanfaatan ke 242 aplikasi gratis ini, pemerintah kota bukittinggi juga menghadirkan layanan wifi gratis di 19 titik, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya kapan saja, dan kedepan wifi gratis ini akan ditambah titik dan spot nya, sehingga mendukung program Smart City atau kota pintar ini.

“Dalam aplikasi ini seluruhnya dipublikasikan, dan dapat dilihat segala kebijakan yang akan dilakukan, terutama soal pelayanan ayng dibutuhkan masyarakat di setiap bidang. Intinya dalam era transpalansi itu, Smart City inilah yang diterapkan Pemko Bukittinggi,” terangnya.

Selain itu sambung Irwandi, masyarakat juga dapat langsung berpartisipasi atau menyampaikan keluhan melalui aplikasi yang diterapkan nantinya, dan itu akan langsung direspon oleh petugas dari Bukittinggi Smart Creative (BSC).

Ketua Tim BSC, Monisfar, mengatakan, 242 aplikasi berbasis website ini diberikan kepada sekolah-sekolah dan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), dan aplikasi ini sepenuhnya dibuat oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan dihibahkan kepada Pemko Bukittinggi sebagai bentuk kontribusi bagi perkembangan daerah.

“Penggunaan aplikasi itu bagi setiap SOPD akan memudahkan dan mempercepat pelayanan karena warga tidak perlu lagi datang ke kantor untuk pengurusan keperluan tertentu,” jelasnya.

Monisfar menambahkan, apabila ingin mengurus suatu surat keterangan, cukup mendaftar melalui aplikasi itu dan datang ke instansi terkait ketika surat sudah dapat diambil, dengan ini pelayanan lebih cepat, serta hadinya aplikasi gratis berbasis website itu sangat mengurangi beban biaya yang dikeluarkan Pemko Bukittinggi yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top