Ruang Publik

Mentri BUMN Nilai Penyaluran CSR di Bukittinggi Berjalan Maksimal

Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam rangkaian kunjungan kerja nya ke Bukittinggi, Sabtu (25/2/2017) siang, meninjau perkembangan realisasi program BUMN hadir untuk negeri, yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam suatu acara pertemuan di objek wisata Taman Panorama.

Mentri BUMN Rini Soemarno mengatakan, kunjungan kerja ini diawali dengan meninjau Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pagi tadi, yang nantinya akan dilengkapi Pemerintah Provinsi Sumatera Sumatera Barat dengan hadirnya jalur kereta api, selanjutnya kunjungan ke PT. Semen Padang, dan berkunjung ke Kota Bukittinggi.

Menurutnya, Bukittinggi merupakan kota dengan nilai sejarah yang cukup tinggi, maka dari itu Pemko Bukittinggi perlu mewujudkannya menjadi daerah wisata sejarah yang menarik, rapi, dan nyaman dikunjungi oleh seluruh wisatawan dalam dan luar negeri.

Rini Soemarno menambahkan, kondisi Kota Bukittinggi saat ini sudah jauh lebih bersih dan rapi, serta hal ini juga atas adanya kerjasama yang baik antara BUMN dengan program Coorporate Sosial Renponsibility (CSR) nya yang telah menyalurkan sejumlah bantuan dan investasi pada Pemko Bukittinggi.

Rini Soemarno Berharap, BUMN yang ada di Bukittinggi terus meningkatkan bantuan nya pada pemerintah kota untuk pengembangan pariwisata, dan kedepan juga direncanakan pembangunan hotel, Balai Ekonomi Desa (Balkondes), panggung terbuka, dan home stay di lokasi stasiun kereta api lama, namun untuk rencana ini menunggu persetujuan dari pemerintah kota, kapan akan dilakukan pembebasan lahan.

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias, mengucapkan rasa terima kasih pada seluruh BUMN yang telah menyalurkan dana CSR nya untuk pengembangan pariwisata, terakhir dari PT. Garuda Indonesia sebesar Rp. 130 juta untuk pembangunan menara pandang di objek wisata Taman Panorama dan dari BNI sebesar Rp 2,3 miliar untuk pembangunan gerbang batas kota di kawasan Birugo.

“Pembangunan pariwisata Bukittinggi tidak akan maksimal dari dana yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) semata, namun perlu juga bantuan investasi dari BUMN, dan Alhamdulillah sejauh ini bantuan itu telah diterima dari sejumlah BUMN,” jelasnya.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, CSR dari BNI juga telah diterima Pemko Bukittinggi berupa 11 ribu tas tentengan belanja, yang diupayakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik bagi Ibu-ibu saat berbelanja di pasar, dan tas ini akan dibagikan pada puncak acara peringatan hari peduli sampah nasional pada Senin 27 Februari 2017 lusa.

“Tahun 2016 lalu Pemko Bukittinggi juga telah meraih Adipura Kirana setelah 19 tahun tanpa gelar itu, dan pengurangan pemakaian kantong plastik ini juga menjadi upaya untuk menjaga kebersihan kota,” ujarnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, sebagai kota Pariwisata Pemko akan terus melakukan pengembangan dan pembangunan, dan diharapkan dana CSR dari BUMN ini terus mengalir, sehingga terjalin nya kerjasama yang saling menguntungkan, sesuai dengan program BUMN hadir untuk negeri, optimalkan pembangunan untuk Pemko Bukittinggi dan masyarakat juga akan merasakan kenyamanan saat berada di objek wisata. (Dipra)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top