Ruang Publik

Calon Jamaah Haji Bukittinggi Menunggu Jadwal Manasik

Terkait penyelenggaraan haji 2017, Kantor Kementrian Agama Bukittinggi telah melakukan persiapan, dengan membekali calon jamaah haji dengan bimbingan manasik yang dilakukan secara mandiri dan penyelenggaraan oleh pemerintah.

Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Abrar Munda, Jum’at (24/2/2017), manasik secara mandiri telah dilakukan sejak November 2016 yang dilakukan oleh calon jamaah melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Sementara penyelenggaraan manasik oleh pemerintah tambahnya, dilakukan sebanyak delapan kali di tingkat Kecamatan dan dua kali di tingkat kota.

“Namun pelaksanaan melalui pemerintah ini menunggu ketentuan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) ditetapkan oleh pemerintah pusat, berapa seharusnya calon jamaah melunasi biaya dari setoran awal yang telah dilakukan,” tukasnya.

Di samping pembekalan melalui manasik, Abrar Munanda mengharapkan calon jamaah meningkatkan wawasan mengenai pelaksanaan haji agar tetap dapat melakukan sendiri ibadah sekiranya terpisah dari rombongan saat di Tanah Suci.

Kebugaran fisik melalui pengecekan rutin ke Puskesmas, merupakan hal penting yang harus dilakukan jamaah calon haji yang akan berangkat pada tahun 2017 ini.

Maka dari itu Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, mengimbau seluruh calon jamaah haji untuk melakukan persiapan untuk menjaga fisik dan kesehatan mulai saat ini.

“Dalam pelaksanaannya ibadah haji lebih banyak melibatkan fisik, belum lagi pada umumnya calon jamaah haji itu sudah tua dan berusia lanjut, dan diharapkan pihak keluarga juga dapat lebih memberi arahan dan perhatian terhadap kondisi kesehatan calon haji,” jelasnya.

Menurut Abrar Munanda, sejak Januari 2017 Kantor Kementrian Agama Bukittinggi telah menyampaikan imbauan mewajibkan warga yang mendapatkan porsi berangkat haji tahun ini melakukan pengecekan kesehatan ke puskesmas terdekat dari domisili.

“Rencana perjalanan haji dimulai pada Juli 2017. Untuk melakukan perjalanan ini memang cukup banyak pemeriksanaan kesehatan yang dilakukan jadi diharapkan perhatikan dan cek kesehatan,” terangnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top