Ruang Publik

Mentri Agama Resmikan Lima Bangunan IAIN Bukittinggi

Lima bangunan perkuliahan dan satu bangunan dosen Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Kamis (23/2/2017) siang diresmikan oleh Mentri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, sekaligus bertanda seluruh bangunan itu dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan.

Peresmian gedung tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menurutnya, peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) diharapkan lebih memperkuat dan menjaga ke-Bhinneka-an sehingga menumbuhkan toleransi.

“Kita telah memilki 56 perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia, bentuk komitmen kita pada PTKIN salah satunya dengan memberikan bantuan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang hampir merata di seluruh perguruan tinggi itu,” terangnya.

Mentri Agama mengapresiasi telah dibangunnya lima gedung untuk mahasiswa dan dosen di IAIN, kita berharap sebagai perguruan tinggi bernuansa Islam, kita ujung tombak menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini utuh, dengan keberadaan kampus agama Islam negeri.

Sementara itu Rektor IAIN Bukittinggi Ridha Ahida mengatakan, empat gedung kuliah dan 1 gedung dosen tersebut bersumber dari dana Surat Berharga Sukuk Negara (SBSN).

“Keinginan kami untuk menjadi penyelenggara pendidikan sangat terbuka luas jika didukung dengan sarana dan prasarana yang lebih lengkap, dan sekarang Alhamdulillah melalui dana SBSN dari Kementrian Agama, kita memilki gedung tambahan,” tujarnya.

Ridha Ahida menambahkan, partisipasi masyarakat yang ingin kuliah di IAIN Bukittinggi sangat tinggi. Untuk tahun 2016 lalu berjumlah 14.500 orang, sementara yang bisa ditampung hanya 2.250 mahasiswa. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top