Ruang Publik

Momen Valentine Day, Dinas Satpol PP Bukittinggi Gelar Razia 24 Jam

Untuk mengantisipasi pelanggaran norma agama dan adat istiadat minangkabau yang dikhawatirkan dilakukan pasangan muda-mudi saat momen Valentine Day Selasa 14 Februari 2017 besok, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Bukittinggi komit melaksanakan razia, dan menindak mereka yang dengan sengaja melakukan perbuatan tidak senonoh diluar kewajaran.

Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Bukittinggi Syafnir, Senin (13/2/2017) menjelaskan, untuk melakukan pengawasan valentine day ini telah dibentuk tim yang nantinya melakukan patroli keliling ke lokasi-lokasi yang dinilai rawan terjadi perbuatan tidak senonoh oleh pasangan muda-mudi, seperti kawasan taman, tempat hiburan, karaoke, dan kafe.

“Kegiatan pemantauan lokasi rawan itu dilaksanakan selama 24 jam, dan dari pemetaan yang dilakukan, kawasan Banto Trade Center (BTC) di jalan pemuda juga menjadi salah satu target operasi oleh petugas lapangan, mengingat kawasan itu sepi dan sudah beberapa kali tertangkap anak sekolah berpacaran secara berlebihan, maupun yang sengaja bolos dari jam pelajaran sekolah,” jelasnya.

Menurut Syafnir, untuk penindakan bagi mereka yang terbukti tertangkap basah sedang berpacaran dengan yang bukan muhrimnya atau dibawah umur, akan ditindak petugas dibawa ke kantor dinas satuan polisi pamong praja untuk didata, dan diberikan pembinaan.

Sementara itu yang tertangkap merupakan anak sekolah di Kota Bukittinggi, akan dilaporkan pada orang tua dan pihak sekolah bersangkutan, sehingga disamping menerima teguran dari Dinas Satpol PP, juga akan menerima sanksi dari pihak sekolah.

Syafnir menambahkan, dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015 tentang ketentraman dan ketertiban umum, salah satu isinya pasangan muda-mudi yang tidak muhrim dilarang melakukan perbuatan zina ataupun mendekati, karena jelas saja melanggar aturan dan norma.

“Bagi pelanggar nya akan diberikan penindakan tegas dengan membayar denda, dan diproses sesuai aturan dan ketetapan yang berlaku dalam Peraturan Daerah,” tukasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top