Ruang Publik

Indonesia Fashion Week 2017 Tampilkan Sulaman dan Bordiran Bukittinggi

Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi perkenalkan sulaman dan bordiran khas Bukittinggi pada pameran Indonesia Fashion Week 2017, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 1 hingga 5 Februari lalu.

Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi Yesi Ramlan Nurmastia mengatakan, dalam pameran ditingkat Nasional dan internasional tersebut, Dekranasda Bukittinggi menampilkan sulaman, bordir, dan kerancang Bukitttinggi. Disamping itu juga ditampilkan hasil karya delapan orang disainer asli kota Bukittinggi yang tergabung dalam Asosiasi Fashion Disainer Bukittinggi (AFDB).

Hasil rancangan AFDB Kota Bukittinggi ini ditampilkan melalui Fashion Show pada event yang bertemakan Celebration of Culture. Hasil rancangan tersebut dibawakan oleh peragawati dari Bukittinggi.

“Alhamdulillah sulaman  dan bordiran khas Bukittinggi hasil rancangan disainer Bukittinggi ini sempat memukau pengunjung dan dacak kagum  dari penonton yang memadati Mini Stage Cendrawasih Plenary Hall JCC,” jelasnya, Senin (6/2/2017).

Keikutsertaan Bukittinggi pada ajang Indonesia Fashion Week 2017 ini ungkap Yesi merupakan untuk kali pertamanya bagi kota Bukitttinggi, dalam rangka memperkenalkan potensi sulaman dan bordiran khususnya kerancang Kota Bukittinggi ditingkat nasional.

Karena tanpa adanya  promosi yang dilakukan kedunia luar maka orang lain tidak akan tahu dengan potensi sulaman dan bordiran yang dimiliki Bukittinggi. Begitu juga dengan perancang–perancang Bukittinggi yang mempunyai kemampuan disainer yang tidak kalah dengan disainer lainnya.

“Meski baru untuk pertama kalinya Bukittinggi tampil dalam pameran Indonesia Fashion Week 2017 ini, namun hasil karya delapan orang disainer berupa pakaian muslim yang dihiasi dengan sulaman dan bordir, mendapat apresiasi dari banyak pengunjung yang hadir dalam pameran tersebut,” terangnya.

Sementara itu Ketua AFDB Bukittinggi Alvy Oktrisni mengapresiasi Dekranasda Bukittinggi yang telah memperkenalkan sulaman dan bordiran hasil rancangan dari para disainer Bukittinggi.  Menurutnya, langkah yang dilakukan Dekranasda ini adalah langkah awal untuk menuju go nasional dan go internasional.

“Melalui promosi dan pameran yang diikuti untuk pertama kalinya ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pembanding untuk mengukur kemampuan kita. Sehingga  Sulaman dan bordiran Bukittinggi semakin dikenal dan bisa menguasai pasaran ditingkat nasional dan internasional,” tukasnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top