Ruang Publik

Satlantas Polres Bukittinggi Optimalkan Program Polisi ke Sekolah

Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi terus menggiatkan program penyuluhan dan sosialisasi tentang aturan berlalu lintas pada masyarakat, generasi muda, termasuk ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

Kasatlantas Polres Bukittinggi AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah dan mengarahkan masyarakat khususnya generasi muda kita agar terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan seperti mengkonsumsi obat obatan terlarang, seperti narkoba, minuman berakohol.

“Disamping Satlantas Polres Bukittinggi juga menyampaikan banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh para pelajar kota bukittinggi saat menggunakan kendaraan, terutama kendaraan roda dua,” ujarnya, Kamis (2/2/2017).

Sukur Hendri Saputra mengajak seluruh pihak sekolah maupun orang tua ikut berperan aktif untuk mengingatkan bahayanya mengendarai kendaraan yang melanggar tata tertib berlalu lintas, seperti tidak menggunakan helm, tidak memiliki SIM dan STNK, serta ugal ugalan dijalan raya yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

Disamping itu sambung Kasatlantas, program yang juga digiatkan saat ini yakni membina polisi cilik dan polisi sahabat anak melalui program police go to school, dengan medatangi Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

“Sejauh ini dari sejumlah SD yang telah didatangi tim dari Satlantas Polres Bukittinggi, pada umumnya menyambut baik kegiatan ini, dan petugas melatih anak usia dini, bagiaman aturan dan ketetapan berlalu lintas yang baik dan benar,” terangnya.

Sementara itu Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa) Polres Bukittinggi, Aiptu Yasliman mengungkapkan, program police goes to school melibatkan para murid SD itu, berdasarkan kesepakatan dengan pihak sekolah yang menginginkan muridnya lebih memahami peran kepolisian semenjak dini.

“Untuk pelaksanaan program police goes to school, pihaknya langsung datang ke sekolah-sekolah dan memberikan pelatihan kepada calon Polisi Cilik (Pocil), mulai dari senam dan gerakan pbb dasar, serta pola gerakan militer yang disesuaikan dengan usia pelajar SD,” terangnya.

Yasliman menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik dan dekat dengan para murid SD, serta mendidik mereka agar lebih disiplin dalam berlalu lintas.(Dipra)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top