Ruang Publik

Tingkatkan Kenyamanan Beribadah, Satpol PP Wanita di Bukittinggi Akan Tindak Pria Muslim Tidak Shalat Jum’at

Pemerintah Kota Bukittinggi mulai minggu ini menugaskan personel wanita di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pengawasan saat berlangsungnya Shalat Jum’at agar terlaksana dengan nyaman.

Sekretaris Dinas Satpol PP Bukittinggi, Syafnir, Kamis (2/2/2017), mengatakan, program itu sebagai tindak lanjut setelah bertambahnya 17 peronel wanita, dan mereka siap mendukung dan mengawasi ketentraman dan ketertiban masyarakat terutama di hari Jum’at, saat umat muslim melaksanakan shalat Jum’at.

“Personel Satpol PP wanita itu akan ditempatkan di masjid yang ramai dan diduga sering terjadi tindakan kriminalitas, dan dengan intensifnya kegiatan pengawasan ini dapat mencegah tindakan negatif, mulai dari pencurian sandal jamaah hingga pencurian kendaraan yang diparkir di halaman masjid,” terangnya.

Selain itu sambung Syafnir, jelang masuk waktu Shalat Jum’at, Satpol PP wanita terlebih dahulu melakukan patroli terutama ke lokasi keramaian untuk mengingatkan warga laki-laki muslim bahwa waktu shalat telah masuk, dan apabila kedapatan mengindahkan aturan mereka akan ditindak, serta diberikan peringatan.

“Sambil berpatroli, mereka memberi imbauan agar warga segera menghentikan aktivitas sementara waktu dan melaksanakan kewajiban sebagai muslim,” ujarnya.

Menurut Syafnir, pengawasan di hari Jum’at tersebut juga mencakup pengawasan terhadap anak sekolah yang mengenakan seragam namun berada di warung-warung maupun lokasi lain saat jam pelajaran dan saat telah memasuki waktu Shalat Jum’at.

“Disamping itu Pada tahun 2017 ini, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Bukittinggi juga komit meningkatkan pengawasan di tengah masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan daerah,” tukasnya.

Pengawasan dan patroli dilakukan oleh tiga tim setiap hari yang bekerja dalam bentuk shif dan didukung Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4).

“Pada 2016 pengawasan hanya dilakukan oleh dua tim. Kami harap peningkatan pengawasan ini akan meminimalkan tindakan pelanggaran terhadap peraturan daerah dan seiring itu meningkatkan kepatuhan warga,” sambungnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top