Ruang Publik

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Bukittinggi Siap Tindak Oknum Pelanggar Aturan

Untuk memberantas kasus pungutan liar yang belakangan ini cukup marak terjadi, apalagi yang mengatasnamakan oknum dari pemerintahan. Pemerintah Kota Bukittinggi melalui tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), komit melakukan pemberantasan, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

Wali Kota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias mengatakan, kasus pungutan liar ini patut diwaspadai, terutama bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), karena apabila kedapatan mereka akan diproses sesuai peraturan yang berlaku.

”Pemberantasan pungutan liar itu bukan hal baru di Sumatera Barat, khususnya di Bukittinggi. Sejak awal Pemerintah Kota sudah jelas-jelas melarang jajaran pemerintahan di Bukittinggi untuk melakukan praktek yang merugikan masyarakat itu,” ujarnya, Selasa (31/1/2017).

Menurut M. Ramlan Nurmatias, Pemerintah Kota Bukittinggi juga telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) untuk mengantisipasi hal itu tidak terjadi di Bukittinggi, apabila terdapat keraguan silakan bertanya, apakah pungutan itu resmi atau tidak, karena saat terbukti dan tertangkap tangan si pelaku akan langsung ditindak tim saber pungli.

Ramlan Nurmatias menambahkan, tim saber pungli Pemerintah Kota Bukittinggi ini telah di SK kan, ketuanya wakapolres dan wakil ketua kepala inspektorat, dalam waktu dekat tim ini akan dilantik dan siap melaksanakan tugas.

“Sementara itu kantor untuk sekretariat tim saber pungli ini juga sudah dirancang, dan siap ditempati saat tim sudah mulai beraktifitas, sedangkan untuk melakukan pemantauan ke seluruh SOPD, tim saber pungli itu dibagi ke dalam beberapa kelompok, dan siap melakukan pengawasan dan penindakan,” terangnya.

Bagi masyarakat yang mendapatkan informasi adanya pungutan liar ujar M. Ramlan Nurmatias, juga dapat melaporkan langsung pada tim saber pungli, sehingga langsung dapat ditindak apabila terbukti melakukan pelanggaran.(Dipra)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top