Ruang Publik

Selama 2016 Lalu, Dinas Satpol PP Bukittinggi Kirim 13 WTS ke Panti Sosial Andam Dewi

Dinas Satpol PP Bukittinggi mengirim 13 Wanita Tuna Susila (WTS) ke Panti Karya Sosial Wanita (PKSW) Andam Dewi  Suka Rami, Kabupaten Solok. Wanita itu merupakan mereka yang terjaring selama razia dalam kurun waktu tahun 2016 lalu.

Sekretaris Dinas Satpol PP Bukittinggi Syafnir mengungkapkan, ke 13 wanita tersebut dikirim karena terindikasi sebagai WTS, wanita itu ada yang sudah diamankan lebih dari dua kali. Saat diintrogasi, mereka mengaku sudah melakukan hubungan terlarang dengan pria bergantian namun tidak menerima bayaran alias bukan Pekerja Seks Komersial (PSK). Maka dari itu mereka kita kirimkan ke panti untuk direhabilitasi.

Menurut Syafnir, selain mendapatkan pencerahan dan pembinaan, wanita yang dikirim kepanti tersebut juga akan diberikan latihan keterampilan.

“Biasanya akan dilakukan proses rehabilitasi selama tiga bulan. Nah, setelh itu mereka akan kembali dipulangkan. Saat pemulangan itu, kita akan diberitahu oleh pihak panti. Gunanya untuk melakukan pemantauan  kembali kepada mereka itu,” jelas Syafnir.

Selain mengirimkan tiga belas WTS untuk direhabilitasi sambung Syafnir, pihaknya juga memberikan beberapa teguran kepada pihak hotel melati yang menyediakan tempat bagi pasangan mesum.

“Ada yang sudah dua kali diberikan teguran, dan kita selalu melakukan pengawasan terhadap hotel-hotel tersebut, tidak hanya itu, beberapa kedai tuak tak berizin juga sudah diberi peringatan oleh pihak Satpol PP,” ujarnya.

Jika sampai tiga kali diberikan peringatan tukas Syafnir, maka akan dilakukan penyegelan atau penutupan tempat usaha. Bagi yang berizin, itu usahanya akan kita tutup dengan terlebih dahulu mengajukan pencabutan izin kepada dinas terkait.

“Untuk itu kedepan sebut Syafnir, pihaknya akan mengoptimalkan lagi pengawasan dibeberapa lokasi-lokasi yang telah ditentukan. Berhubung saat ini kita telah mendapatkan tambahan  anggota maka untuk pengawasan juga akan kita tingkatkan,” terangnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top