Ruang Publik

Tiga Riol ini Bakal Dibangun Pemko Bukittinggi

Tiga lokasi di Kota Bukittinggi ini bakal mendapat bantuan pembangunan fisik ditahun 2017 ini. Lokasi itu antara lain, pembangunan riol di gang Cemara RT 01 RW 01 dan pembuatan riol dan jalan beton di gang Kemuning RT 01 RW 02 Kelurahan Aur Kuning, kemudian pembuatan riol di dua RW Kelurahan Birugo.

Hal tersebut disampaikan saat verivikasi lapangan oleh Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial, Selasa (17/1/2017) di tiga lokasi tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk verifikasi lapangan terhadap beberapa aspirasi masyarakat yang telah diterima DPRD pada tahun lalu, sekarang anggarannya telah ada, jadi kita lihat lokasi mana yang akan dibangun itu,” terangnya..

Dalam verivikasi lapangan yang juga didampingi oleh Lurah Aur Kuning Adrian dan Lurah Birugo Yuneidi tersebut, Beny menjelaskan, satu titik akan memakai dana dari Pokok Pikiran (Pokir) dan dua lainnya memakai dana Aspirasi yang telah ketuk palu.

“Dana Pokir itu sebanyak Rp 200 juta untuk pembangunan riol dikawasan Gang Cemara, sedangkan pembuatan riol dan jalan di gang Kemuning memakai dana aspirasi sebanyak Rp 400 juta, dan pembuatan riol di kawasan Birugo sebanyak Rp 200 juta yang juga dari dana pokir,” jelas Beny Yusrial

Beny Yusrial menjelaskan, tiga lokasi ini merupakan wilayah langganan banjir saat musim penghujan datang. Karena riol, saluran air tidak mampu lagi menampung debit air yang masuk.

“Seiring dengan laporan warga yang masuk kepada kita jika semua lokasi ini rawan banjir akibat luapan riol yang ada saat musim hujuan. Karena ini kawasan rawan banjir, jadi kita bantu dengan pembuatan riol dan jalan lingkung,” ujarnya.

Sementara itu Kabid prasarana, sarana, utilitas umum Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Fauzan menyebutkan, semua pengerjaan berbentuk pembangunan fisik tersebut akan melalui proses lelang.

“Kita targetkan Maret atau April sudah dapat dimulai pembangunannya,” terang Fauzan.

Fauzan menjelaskan, setidaknya dengan anggaran yang telah ada tersebut, khusus riol dikawasan Gang Cemara akan dibuat sepanjang 200 meter, dan 250  meter riol dan jalan di gang Kemuning. Kemudian  diwilayah Birugo akan dibuat riol sepanjang lebih kurang 300 meter.

Selain memastikan patokan gambaran pembangunan ditiga titik tersebut, berbagai masukan serta permintaan juga diberikan warga kepada Ketua DPRD saat dilokasi. Mulai dari persoalan bantuan melanjutkan pembangunan tempat ibadah, hingga penyelesaian tanah konsolidasi bypass.

“Semua masukan warga tadi akan kita tampung, dan menjadi bahan untuk pembahasan kita nantinya. Intinya semua laporan dari warga tersebut akan kita coba untuk menindak lanjutinya,” jelasnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top