Ruang Publik

BPBD Bukittinggi Komit Lakukan Antisipasi Resiko Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi melakukan berbagai langkah antisipasi  pengurangan resiko bencana, yang berpotensi terjadi disaat cuaca ekstrem.

Pasalnya, angin kencang yang disertai hujan  yang melanda Bukittinggi belakangan ini telah mengakibatkan tumbangnya sejumlah pohon kayu di beberapa lokasi dan menghimpit beberapa bangunan rumah masyarakat. Begitu juga dengan banjir yang sempat masuk kerumah warga.

“Untuk Bukittinggi diantara potensi bencana yang sering terjadi disaat cuaca ekstrem yakni  pohon tumbang,  banjir  dan genangan air dibeberapa titik,” kata Kepala BPBD Kota Bukittinggi Musmulyadi, Rabu (11/1/2017).

Untuk antisipasi kemungkinan terjadinya dampak bencana di Kota Bukittinggi ungkap Musmulyadi, maka pihaknya bersama Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) terkait telah melakukan langkah langkah antisipasi untuk pengurangan resiko bencana tersebut.

Antisipasi yang dilakukan itu dengan melakukan pendataan pepohonan yang sudah tua dan melakukan pemangkasan dahan kayu yang dapat membahayakan warga. Untuk pemangkasan dahan kayu ini telah berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk dapat memotong dahan dahan kayu yang dianggap membahayakan.

Begitu juga soal banjir yang juga telah dilakukan koordinasi dengan Dinas PU Bukittinggi. Menurut Musmulyadi, banjir yang terjadi di Bukittinggi lebih banyak bersifat kiriman karna disebabkan tersumbatnya saluran air pada drainase sehingga berdampak kurang lancarnya air yang mengalir.

“Jika salauran drainase tersebut tersumbat atau sudah mendangkal maka berpotensi terjandi banjir dan genagangan air pada titik titik tertentu. Untuk antisipasi hal itu, kita telah kordinasi dengan PU untuk melakukan penggerukan terhadfap drainase yang dangkal tersebut,” jelasnya.

Agar drainase tersebut tetap terjaga kedalamannya sambung Musmulyadi, maka harus dilakukan penggerukan dua kali dalam setahun. Jika ini dilakukan maka diwaktu musim hujan tiba air akan dapat mengalir dengan lacar disaluran drainase tersebut.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top