Ruang Publik

Cuaca Ekstrem, Pemko dan DPRD Bukittinggi Imbau Warga Waspada

Mengantisipasi bencana yang terjadi akibat cuaca ekstrim, Ketua Komisi III DPRD Kota Bukittinggi, Rusdy Nurman mengimbau warga kota untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal. Terutama menjaga kebersihan saluran, drainase air dari sampah yang dibuang sembarangan.

“Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat cuaca ekstrim seperti ini adalah menjaga kebersihan lingkungan. Karena masalah yang sering terjadi di Bukittinggi adalah tersumbatnya saluran air karena sampah yang tidak bertuan,” jelasnya, Senin (9/1/2017).

Anggota dewan ini mencontohkan genangan air yang terjadi di kawasan tugu Adipura, beberapa waktu lalu yang cukup mengganggu aktifitas warga.

Menurut Rusdy Nurman, masyarakat perlu melakukan pantauan ke saluran-saluran air di lingkungan masing-masing dan segera bergotong royong membersihkan jika ditemukan sampah yang dibuang sembarangan dan menyumbat saluran air tersebut.

“Sekiranya pemerintah setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menggiatkan memberikan imbauan pada masyarakat dan melakukan pantauan ke lapangan, agar genangan air tidak terjadi lagi. Kami harap dinas terkait rutin pantau ke lapangan terutama untuk lokasi-lokasi rawan bencana di Bukittinggi,” jelasnya.

Sementara, informasi dari BPBD Bukitttinggi, terdapat beberapa daerah rawan yang merupakan langganan genangan air, dan banjir.

“Tercatat, titik rawan banjir itu di kelurahan Tarok Dipo, dan Kelurahan Tangah Sawah Aua Tajungkang,” jelas Mus Mulyadi Kepala BPBD Bukittinggi.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top