Ruang Publik

Volume Sampah di Bukittinggi Meningkat Selama Liburan

Meningkatnya jumlah kunjungan wisawatan ke Kota Bukittinggi selama masa liburan akhir tahun, juga berdampak terhadap meningkatnya jumlah sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, Supadria mengatakan, puncaknya terjadi pada Sabtu (31/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017) lalu, dimana lonjakan sampah mencapai lima belas ton dari hari biasanya.

Setidaknya jumlah total jumlah sampah pada malam pergantian tahun mencapai 115 ton lebih. Untuk membersihkan sampah tersebut, pihaknya terpaksa bekerja ekstra.

“Untuk hari biasanya total sampah di Bukittinggi berkisar 90 hingga 100 ton perhari. Namun sejak liburan kemarin jumlah sampah tersebut meningkat hingga 115 ton lebih, dan puncaknya malam pergantian tahun,” terangnya, Rabu (4/1/2016).

Meski peningkatan sampah terjadi terang Supadria, namun diakuinya jumlah tersebut masih belum seberapa dengan liburan lebaran.

“Jika saat lebaran, jumlah sampah bisa lebih dari itu, bahkan petugas kita harus lembur hingga tiga sampai empat kali untuk mengantarkan sampah ke TPA Regional Payakumbuh. Namun untuk kali ini hanya berkisar dua hingga tiga kali sehari,” jelasnya.

Sedikitnya untuk membuang sampah yang telah dikumpulkan oleh petugas yang tersebar di dalam Kota Bukittinggi, telah dipersiapkan sebanyak 16 mobil pengangkut sampah. Masing-masing mobil tersebut mendapat jatah pembuangan hingga dua kali sehari pada hari biasa.

“Pada saat ramai kunjungan seperti liburan akhir tahun dan lebaran, mobil ini harus bolak-balik hingga tiga sampai empat kali sehari. Bahkan sering terlambat karena macet dijalan,” tukasnya.

Untungnya sambung Supadria, taman kita untuk kali ini tidak terlalu rusak parah seperti tahun-tahun sebelumnya, kita bersyukur sudah banyak pengunjung yang mulai sadar dengan hal ini dan tidak merusak taman, meskipun kita sama-sama tahu jumlah pengunjung melimpah ruah malam itu.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top