Ruang Publik

Ratusan Ribu Pengunjung Penuhi Jam Gadang Saat Malam Pergantian Tahun

Momen malam pergantian tahun 2016 ke 2017 di pelataran Taman Jam Gadang Kota Bukittinggi Minggu (1/1/2017), berlangsung meriah dan tertib.

Hal ini tidak terlepas dari pengamanan yang dilakukan pihak Polres Bukittinggi bersama lintas sektoral terkait, terutama dalam menutup arus lalu lintas ke pusat kota dan menjaga ketertiban para pengunjung.

Hal itu dikatakan Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias dini hari tadi ketika melaksanakan pemantauan di pos pengamanan operasi lilin Polres Bukittinggi, menurutnya Jam Gadang merupakan salah satu pusat peringatan pergantian tahun, terbukti kawasan itu dibanjiri ratusan ribu pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Bukittinggi.

“Dari pantauan yang dilakukan malam tahun baru kali perayaan malam tahun baru masehi ramai dan meriah, masyarakat sangat menikmatinya dengan tertib, sehingga kejadian yang tidak diinginkan seperti tindakan kriminal, tawuran, perbuatan maksiat, dan kecelakaan dapat diantisipasi,” jelasnya.

Namun dengan padatnya masyarakat di lokasi taman pedestrian Jam Gadang ini sambung M. Ramlan Nurmatias, beberapa pengunjung diantaranya sempat mengalami pusing, dehidrasi, dan mereka ditangani langsung oleh petugas dari Palang Merah Indonesia.

Ramlan Nurmatias mengucapkan rasa terima kasih pada jajaran Polres Bukittinggi dan lintas sektoral terkait, atas segala bentuk upaya pengamanan yang dilaksanakan pada operasi lilin. Sehingga para pengunjung merasa puas datang ke bukittinggi, dan menjadi keuntungan tersendiri dengan lebih populernya kota ini sebagai tujuan wisata.

Disamping itu, momen malam pergantian tahun 2016 ke 2017 yang bertepatan dengan liburan sekolah ini, juga membawa dampak positif pada peningkatan sewa kamar hotel, mes dan penginapan karena sebulan sebelumnya para pengunjung telah memesan kamar sehingga seluruh fasilitas yang ada penuh terisi.

Ramlan Nurmatias menambahkan, pada tahun 2017 ini Pemerintah Kota Bukittinggi berkomitmen untuk meningkatkan program pembangunan berbasis masyarakat baik fisik maupun non fisik, sehingga kinerja pemerintah kota lebih dirasakan dan terlihat nyata oleh seluruh komponen.

“Pergantian tahun merupakan momen untuk evaluasi dan intropeksi diri baik secara pribasi maupun dalam hal menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai abdi masyarakat, sehingga program pemerintahan berjalan lebih maksimal,” ujarnya.

Sejauh ini tambah M. Ramlan Nurmatias, Pemerintah Kota Bukittinggi telah menjalankan program dan kegiatan yang menyentuh lapisan masyarakat secara baik, kedepan berbagai program akan terus dijalankan, serta dalam hal ini pemerintah kota juga minta masyarakat untuk lebih berpatisipasi, sehingga komitmen yang dijalankan sesuai dengan target yang direncanakan.

“Untuk itu Struktur Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) sebagai perpanjangan tangan, diminta juga untuk lebih intensif dalam menjalankan program dan kegiatan, serta mengevaluasi sampai sejauhmana target yang telah dicapai sebelumnya,” tukasnya.(Dipra)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top